alexametrics
Liga 1 2019

Laga Tunda Badak Lampung vs Persela Dilaksanakan pada Putaran Kedua

28 Agustus 2019, 18:00:20 WIB

JawaPos.com – Putaran pertama Liga 1 musim 2019 berakhir akhir pekan ini. Meski begitu, masih ada beberapa tim yang pertandingannya belum tuntas pada putaran pertama. Salah satunya Persela Lamongan. Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu masih mempunyai satu sisa laga melawan Perseru Badak Lampung FC.

Pertandingan kontra Badak Lampung awalnya dijadwalkan pada 3 Agustus 2019. Namun, sehari menjelang pertandingan, PT LIB memutuskan menundanya. Alasannya, Badak Lampung tidak mendapatkan izin dari kepolisian untuk menggelar laga di Stadion Sumpah Pemuda, Lampung, pada tanggal tersebut. Padahal, saat itu posisi Persela sudah berada di Lampung.

Perseru Badak Lampung

PT LIB menyebut akan menjadwalkan ulang pertandingan itu di tempat netral. Namun, hingga kemarin (27/8) jadwal pertandingan tunda tersebut ternyata belum jelas. ’’Kami masih menunggu jadwal dari liga (PT Liga Indonesia Baru, Red). Harapan kami, jadwal segera terbit,’’ kata Manajer Persela Edy Yunan Ahmadi kepada Jawa Pos.

Akan jauh lebih baik jika jadwal sudah diterbitkan pekan ini. Dengan begitu, jajaran pelatih Persela bisa menjaga peak performance para pemainnya. Juga, bisa menyusun rencana libur dan persiapan memasuki putaran kedua.

Dengan alasan itu pula, kemarin tim asal Kota Soto tersebut mengirim surat resmi ke PT LIB. Dalam suratnya, Persela menanyakan tanggal dan tempat digelarnya laga tunda kontra Badak Lampung.

’’Kami juga memohon di mana pun dan kapan pun pertandingan itu dijadwalkan, PT LIB menegaskan ke pihak Badak Lampung agar segera mengirim biaya akomodasi dan transportasi untuk Persela,’’ papar Sekretaris Persela Muji Santoso.

Permintaan Persela itu bukan tanpa dasar. Di manual liga, tepatnya di pasal 8 tentang jadwal pertandingan, disebutkan bahwa seluruh biaya penyelenggaraan pertandingan tunda ditanggung klub tuan rumah.

Nah, Persela meminta hal tersebut dipatuhi. ’’Sebab, sebelumnya Persela mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk pertandingan yang gagal digelar panpel Badak Lampung,’’ jelas Muji. Saat itu Yunan menyebut Persela sudah mengeluarkan biaya tidak kurang dari Rp 100 juta.

Selain biaya akomodasi dan transportasi, Persela sangat berharap pertandingan tunda dilaksanakan di wilayah Jawa Tengah atau Jogjakarta. Sesuai dengan komitmen waktu emergency meeting di Lampung pada 2 Agustus 2019.

Persela Lamongan

Public and Relations Manager PT LIB Hanif Marjuni mengatakan, PT LIB belum memutuskan kapan laga tunda Badak Lampung FC melawan Persela dilaksanakan. Lokasi penyelenggaraan pertandingan pun belum ditentukan. ’’Kami masih menyusun jadwal itu,’’ ujarnya.

Namun, melihat padatnya jadwal yang ada serta beberapa agenda timnas, pertandingan tunda itu sangat mungkin dilaksanakan pada putaran kedua. Artinya, pemain-pemain baru dari kedua tim bisa dimainkan saat itu juga. ’’Bagaimana lagi, opsi terbaiknya seperti itu. Kalau dipaksakan di putaran pertama, tidak mungkin,’’ tegasnya.

Hanif menegaskan bahwa Badak Lampung FC harus membiayai semua akomodasi Persela untuk laga tunda tersebut. ’’Itu sesuai regulasi. Kalau melanggar, pasti ada hukumannya,’’ katanya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads