alexametrics
Liga 1 2019

Balde Sudah Pamitan, Siapa Lagi Yang Menyusul Dicoret Persebaya?

28 Agustus 2019, 17:00:49 WIB

JawaPos.com – Amido Balde memilih tetap di pinggir lapangan Gelora Delta, Sidoarjo (27/8). Padahal, seluruh skuad Persebaya Surabaya sudah berada di tengah lapangan untuk berlatih.

Pemain 27 tahun itu tampak ogah berlatih. Namun, setelah dirayu, Balde akhirnya mengenakan jersey latihan dan bergabung dengan pemain-pemain lain di lapangan. Meski agak telat, striker asal Guinea-Bissau itu mengikuti seluruh sesi latihan hingga tuntas.

Persebaya Surabaya

”Saya datang pagi ini tidak untuk mengikuti latihan,” kata Balde melalui situs resmi klub. ”Tapi, saya mau pamit, bahwa besok dan seterusnya saya tidak lagi di Persebaya. Memang, ini kondisi yang sangat sulit dan berat untuk dikatakan. Tapi, saya tahu, kondisi seperti ini sangat biasa bagi pesepak bola,” lanjutnya.

Kebetulan, Green Force –julukan Persebaya– sudah memiliki David da Silva. Striker asal Brasil tersebut juga siap diturunkan dalam laga kontra Bhayangkara FC Sabtu (31/8).

Hal itu dibenarkan sang agen, Amogou Mathieu. ’’Sudah ada tawaran dari tim lain di Liga 1 untuk Balde,’’ katanya saat dihubungi Jawa Pos.

Saat ini Mathieu sudah berada di Surabaya. Dia akan merampungkan proses berpisahnya Balde dengan manajemen Persebaya. Saat dimintai konfirmasi, Manajer Persebaya Candra Wahyudi enggan berkomentar. ’’No comment,’’ ujarnya singkat.

Kepergian Balde bisa terjadi dalam waktu dekat. Sebab, Persebaya baru mendatangkan gelandang asal Australia Aryn Williams. Pemain 25 tahun itu sudah bergabung dalam latihan kemarin. Dengan kedatangan Williams, Persebaya memiliki enam pemain asing.

Selain Williams, ada Balde, David da Silva, Damian Lizio, Manuchekhr Dzhalilov, dan Otavio Dutra. Nama terakhir memang sudah menjalani proses naturalisasi, tapi hingga saat ini belum tuntas. Praktis, harus ada pemain asing yang terdepak di putaran kedua. Sebab, hanya ada empat slot untuk pemain asing.

Soal pencoretan pemain, pelatih karteker Persebaya Bejo Sugiantoro memilih kalem. ’’Pemain datang dan pergi itu bukan kewenangan saya. Itu kewenangan Coach (Alfred) Riedl dan manajemen,’’ ungkap pelatih 42 tahun itu.

Sayang, hingga saat ini Bejo belum melakukan komunikasi dengan Riedl. Namun, dia sudah meminta kepada manajemen agar sang asisten, Wolfgang Pikal, segera datang. Setidaknya sebelum putaran pertama tuntas.

’’Biar tim tahu programnya seperti apa. Supaya saat Coach Riedl datang, semua sudah connect dengan tim,’’ tambah pelatih yang tengah menjalani lisensi A AFC itu.

Saat ini skuad berfokus pada persiapan menghadapi Bhayangkara FC (31/8). Selain Da Silva, Green Force sangat mungkin diperkuat pemain anyarnya, Williams. Namun, Bejo belum bisa menggaransi apakah Williams diturunkan atau tidak.

’’Ini baru satu kali latihan. Tetapi, kalau dari skill dan penempatan posisi, dia cukup punya potensi,’’ tambah ayah bek Rachmat Irianto itu.

Williams mengaku kondisinya cukup oke. Meski begitu, dia merasa masih butuh waktu untuk bisa nyetel dengan cuaca Surabaya. Menurut dia, cuaca di Surabaya cukup panas. ’’Sangat berbeda dengan di Australia. Mungkin saya butuh satu pekan untuk menyesuaikan diri dengan cuaca yang sangat panas ini,’’ kata Williams saat ditemui seusai latihan.

Meski begitu, dia merasa tak ada kendala soal taktik. Dia bahkan merasa nyaman dengan rekan-rekan barunya di Persebaya. ’’Mereka sangat ramah,’’ ujarnya.

Williams juga berharap bisa segera tampil di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sebab, dia tahu, atmosfer Bonek sangat luar biasa. ’’Saya lihat di YouTube soal Bonek. Merekalah salah satu alasan saya bergabung dengan Persebaya,’’ imbuhnya.

 

Performa Amido Balde di Liga 1

Main: 9

Menit bermain: 709

Gol: 5

Assist: –

Umpan kunci: –

Intersep: 3

Sapuan: 7

Melanggar: 24

Tembakan: 27

Akurasi tembakan: 33 %

Duel udara: 38

Persentase duel udara: 50 %

Tekel: 8

Persentase tekel: 63 %

Dribel: 13

Persentase dribel: 62 %

Umpan: 120

Akurasi umpan: 84 %

Offside: 9

Kartu kuning: 2

Kartu merah: –

Sumber: Statoskop Jawa Pos

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads