alexametrics
Piala Gubernur Kaltim 2018

Persebaya Jumpa Arema di Semifinal Usai Gilas Sriwijaya FC

Persebaya Surabaya 2-0 Sriwijaya FC
28 Februari 2018, 22:04:16 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya menjadi juara Grup B turnamen Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018 setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0, Rabu (28/2) malam di Stadion Batakan, Balikpapan. Green Force ditautkan berjumpa runner-up Grup A, Arema FC di semifinal yang digelar pada Jumat (2/3).

Doa dan harapan manajer Persebaya, Chairul Basalamah, terkabul. Maklum saja, sebelumnya Chairul sudah sangat menanti perjumpaan Persebaya kontra Arema yang merupakan rival dan derby Jawa Timur paling panas. Setelah gagal bersua di Piala Presiden dan di fase grup, akhirnya Persebaya dan Arema bakal berduel di semifinal PGK 2018.

Begitu peluit dibunyikan, gawang Persebaya terancam oleh aksi Risky Dwi Ramadhana pada detik ke-50. Beruntung arah bola melebar di kanan gawang. Sebuah tendangan percobaan dilepaskan Abu Rizal Maulana pada menit keenam. Sayang, bola berhasil ditepis kiper Sriwijaya FC, Sandy Firmansyah. Semenit berikutnya, Sandy melakukan penyelamatan gemilang menggagalkan sundulan Ricky Kayame.

Persebaya Surabaya, Sriwijaya FC, Arema FC
Persebaya meladeni musuh bebuyutan Arema FC di semifinal (Anggi Pradhita/Kaltim Post)

Sandy kembali sukses mematahkan peluang ganda Persebaya pada menit ke-15 dan 16. Akan tetapi dua tendangan on target Ricky Kayame berhasil diblok oleh mantan kiper Gresik United itu.

Winger Persebaya, Oktafianus Fernando melepaskan tembakan keras dari jarak jauh pada menit ke-24. Sayang arah bola melebar di kiri gawang Sriwijaya FC.

Kedua tim belum mengendurkan tempo permainan setelah water break. Sebaliknya, Persebaya dan Sriwijaya FC semakin kencang jual beli serangan.

Usaha keras Persebaya akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-46. Adalah Fandi Eko Utomo yang berhasil menjaringkan bola usai memanfaatkan umpan silang Ricky Kayame. Persebaya unggul 1-0 pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Risky Dwi Ramadhana membobol gawang Persebaya pada menit ke-48. Namun gol dianulir karena Risky dalam posisi offside. Persebaya memperoleh kesempatan apik dari tendangan keras mendatar Sidik Saimima pada menit ke-51. Akan tetapi bola sukses diredam kiper Sandy Firmansyah.

Jebakan offside menjadi senjata ampuh Persebaya untuk meredam serangan Sriwijaya FC. Berulang kali serangan Laskar Wong Kito digagalkan oleh kedisiplinan kuartet bek Persebaya.

Persebaya menggandakan skor menjadi 2-0 lewat gol Osvaldo Haay pada menit ke-62. Gol ini bermula dari pergerakan Ricky Kayame di kotak penalti Sriwijaya FC. Bola lalu disodorkan kepada Robertino Puliara, namun terlepas. Bola liar langsung disambar Osvaldo dan gol. Persebaya unggul 2-0 atas Sriwijaya FC.

Persebaya memperoleh dua kesempatan sebelum water break. Ricky Kayame dan Nelson Alom membuat kiper Sandy harus bekerja keras. Sayangnya kedua kesempatan itu gagal berbuah gol. Persebaya dan Sriwijaya FC masih saling serang pada 15 menit terakhir babak kedua. Persebaya belum puas dengan dua gol. Sedangkan Sriwijaya FC bersemangat mengejar ketertinggalan.

Peluang emas diperoleh Sriwijaya FC dari tendangan bebas pada menit ke-92. Sayang eksekusi Adam Alis melambung tinggi di atas mistar. Skor 2-0 untuk Persebaya bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Tambahan tiga angka membuat Persebaya menjadi juara Grup B. Sedangkan Sriwijaya FC runner-up. Persebaya berjumpa Arema FC di semifinal. Sementara itu Sriwijaya FC berhadapan dengan Borneo FC.

SUSUNAN PEMAIN
Persebaya Surabaya: Dimas Galih Pratama, M. Syaifuddin, M. Irvan Febrianto, Fandry Imbiri (Otavio Dutra, 73′), Rachmat Irianto, Sidik Saimima, Abu Rizal Maulana (Nelson Alom, 46′), Fandi Eko Utomo (Robertino Pugliara, 46′), Ricky Kayame (Rishadi Fauzi, 74′), Oktafianus Fernando (Feri Pahabol, 78′), Osvaldo Haay (Rendi Irwan Saputra, 78′)
Pelatih: Angel Alfredo Vera

Sriwijaya FC: Sandy Firmansyah, Faris Ardiansyah, Bio Paulin (Novan Setya Sasonko, 67′), Rafif Putra, Rachmad Hidayat (Adam Alis, 67′), Risky Dwi Ramadhana, Yu Hyun Koo (Ichsan Kurniawan, 46′), Zalnando, Beri Rahmada (Patrich Wanggai, 46′), Nur Iskandar (Syahrian Abimanyu, 77′), Yogi Rahadian
Pelatih: Rahmad Darmawan

Wasit: Mugino (Balikpapan)

Editor : Edy Pramana

Reporter : (saf/JPC)



Close Ads
Persebaya Jumpa Arema di Semifinal Usai Gilas Sriwijaya FC