alexametrics
Liga 2

Sukses Promosi dengan Persik, Budiardjo Target Promosi di Sriwijaya

27 Desember 2019, 12:34:08 WIB

JawaPos.com – Budiardjo Thalib dipastikan hengkang dari Persik Kediri. Pelatih yang membawa Macan Putih –julukan Persik– menjadi juara Liga 2 2019 itu sudah memiliki klub baru. Dia menukangi Sriwijaya FC musim depan.

Manajer Sriwijaya FC Hendri Zainudin tertarik menggunakan jasa Budiardjo. Sebab, Budi mampu membawa Persik promosi meski dengan skuad yang tidak terlalu mewah dan dihuni banyak pemain muda. ’’Kami optimistis untuk musim depan karena pelatih baru punya track record yang bagus,’’ kata Hendri.

Budi mengakui, tugasnya di Sriwijaya FC musim depan cukup berat. ’’Target manajemen adalah tim bisa promosi ke Liga 1,’’ ungkapnya saat dihubungi Jawa Pos.

Namun, dengan pengalamannya bersama Persik, pelatih asal Makassar itu pede bisa memenuhi target tersebut.
Sejatinya Budi cukup berat meninggalkan Persik. Apalagi, dia berharap bisa berkarir di Liga 1 bersama Macan Putih. ’’Setelah juara (Liga 2, Red), saya menunggu tawaran dari manajemen Persik. Tapi, nggak ada tawaran sama sekali. Nggak ada omong-omongan. Hampir sebulan saya tunggu,’’ terangnya.

Saat tidak kunjung ada tawaran, manajemen Sriwijaya FC datang. Mereka melakukan komunikasi untuk bisa menggunakan jasa Budi. Budi pun menyambut baik tawaran tersebut. ’’Kenapa saya mau? Karena mereka (Sriwijaya FC) benar-benar serius ingin bekerja dengan saya,’’ jelas mantan pelatih Persim Maros tersebut.

Budi memang terkendala lisensi jika ingin menangani Persik. Saat ini dia baru memiliki lisensi B AFC. Padahal, untuk menjadi pelatih kepala, dia harus sudah mengantongi minimal lisensi A AFC. Meski begitu, Budi menyatakan bakal mengambil kursus lisensi A AFC. ’’Februari saya akan mulai kursus,’’ ujarnya.

Artinya, pada musim 2021, Budi sudah memiliki lisensi A AFC. Jika Sriwijaya FC promosi musim depan, dia tidak perlu bingung lantaran sudah layak menjadi pelatih kepala di klub Liga 1. Meski sudah resmi menangani Sriwijaya FC, Budi belum berada di Palembang. Dia ingin menghabiskan masa liburan. ’’Saya masih berada di Makassar,’’ jelasnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads