alexametrics
Liga 2 2019

Hisyam Tolle Sanksi Lima Tahun, PSIM Kena Denda Rp 100 Juta

27 Oktober 2019, 07:00:12 WIB

JawaPos.com – Masa depan suram harus dihadapi Hisyam Tolle akibat ulah tak terkontrolnya. Komdis PSSI memberikan hukuman berat kepada bek PSIM Jogjakarta tersebut. Dia dilarang beraktivitas dalam kompetisi PSSI selama lima tahun.

Itu buntut aksi brutalnya saat PSIM bersua Persis Solo (21/10). Tolle mendapat kartu merah setelah memukul pemain Persis Shulton Fajar. Kemudian, dia melakukan tendangan kungfu kepada pemain yang sama. Tak cukup sampai di situ, Tolle juga mengintimidasi jurnalis. Dia meminta foto tendangan kungfunya dihapus.

Hukuman tersebut jelas mengancam karir pemain 25 tahun itu. Jika sanksi berlaku normal, dia baru bisa kembali bermain di kompetisi di bawah naungan PSSI saat berusia 30 tahun.

Tolle memang menyesali perbuatannya dan sudah meminta maaf kepada jurnalis Goal Indonesia Budi Cahyono. Tapi, manajemen PSIM tak menampik aksi brutal yang dilakukan Tolle adalah hal buruk. ’’Tidak ada pembenaran atas apa yang dilakukan Tolle,” tegas Manajer PSIM Jogjakarta David Hutauruk kepada Jawa Pos. Bahkan, manajemen PSIM juga berencana memberikan sanksi internal.

Bukan hanya Tolle yang mendapat hukuman. Gelandang PSIM Aldaier Makatindu juga masuk dalam daftar sanksi. Aldaier adalah pemain yang ikut membantu Tolle melakukan intimidasi kepada jurnalis. Bedanya, pemain 27 tahun itu hanya mendapat teguran keras dari Komdis PSSI.

Kerusuhan setelah laga juga membuat PSIM terkena sanksi berat. Laskar Mataram harus menggelar laga home tanpa penonton dalam dua bulan pertama musim 2020. Mereka juga dikenai denda Rp 100 juta. ’’Sanksi pasti ada, karena memang ada beberapa hal di regulasi yang dilanggar,” terang David. Pelanggaran itu, antara lain, penonton yang merangsek ke lapangan, pelemparan botol, dan pemukulan terhadap jurnalis.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads