alexametrics
Timnas Indonesia

Spider-Wan Siap Bersaing dengan Andritany dan M. Ridho

27 September 2019, 13:00:05 WIB

JawaPos.com – Timnas senior memanggil 25 pemain untuk menghadapi laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab (10/10) dan Vietnam (15/10). Sementara ini, Indonesia menempati dasar klasemen grup G tanpa poin.

Dari nama-nama yang dipanggil, ada beberapa nama baru. Salah satunya Wawan Hendrawan. Ini merupakan kali pertama kiper Bali United tersebut dipanggil timnas senior. Penjaga gawang 36 tahun itu menjadi pemain Bali United keempat setelah Stefano Lilipaly, Ricky Fajrin, dan Irfan Bachdim yang masuk daftar timnas.

Performa Spider-Wan –julukan Wawan– memang menjanjikan. Dia berperan krusial dalam keberhasilan Bali United ke puncak klasemen sementara Liga 1 musim ini. Dari 19 pertandingan, dia mencatat 1.710 menit bermain. Total, dia melakukan 57 save, 12 kali kebobolan, dan 9 kali clean sheet.

’’Kalau pengaruh (pemanggilan) kemungkinan memang ada untuk tim. Tapi, kami akan berusaha sebaik mungkin. Karena pemain kami masih banyak. Kami akan memaksimalkan pemain-pemain yang ada,’’ kata CEO Bali United Yabes Tanuri saat dihubungi tadi malam.

Bergabungnya Wawan diharapkan bisa membawa warna baru bagi timnas. Saat ini Indonesia belum memperoleh kemenangan dan kebobolan enam gol dari dua pertandingan. Tetapi, Wawan hanya mempunyai waktu singkat untuk beradaptasi. Pemusatan latihan akan dilakukan pada 1 Oktober. Sehari kemudian, tim langsung bertolak ke Uni Emirat Arab.

’’Pemanggilan ini tentu sebuah kebanggaan bagi saya. Ada kepercayaan yang diberikan dan mudah-mudahan saya bisa memberikan sesuatu yang positif bagi tim,’’ ujar Wawan.

Soal dimainkan atau tidak, Wawan tidak risau. Dia akan bersaing dengan Andritany Ardhiyasa dan M. Ridho sebagai penjaga gawang utama. ’’Saya hanya fokus latihan dan kerja keras. Main atau tidak, itu kewenangan pelatih,’’ imbuhnya.

Selain Bali United, Madura United dan Persija Jakarta yang menyumbang pemain terbanyak (lihat grafis). Pelatih Madura United Rasiman mempertanyakan hal tersebut. Menurut dia, itu tidak sesuai dengan janji pelatih timnas senior Simon McMenemy yang tidak akan melakukan training camp jangka panjang.

’’Kami tentu bangga banyak pemain kami yang bergabung timnas. Ini sudah yang ketiga kalinya. Imbasnya, kami akan kehilangan beberapa pemain pilar. Saat pulang juga dalam kondisi kelelahan. Memang masih ada pemain lain. Tapi, kami juga antisipasi agar tidak seperti putaran pertama,’’ ujar Rasiman.

Sementara itu, PSSI belum memberikan keterangan. Tidak ada respons dari Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria maupun pihak media officer federasi saat dihubungi terkait pemanggilan tersebut kemarin.

Daftar Pemain Timnas

Kiper:
Andritany Ardhiyasa (Persija)
Wawan Hendrawan (Bali United)
Muhammad Ridho (Madura United)

Belakang:
Ricky Fajrin (Bali United)
Hansamu Yama (Persebaya)
Yanto Basna (Sukhotai FC)
Manahati Lestusen (PS Tira Persikabo)
Putu Gede (Bhayangkara FC)
Novri Setiawan (Persija)
Abduh Lestaluhu (PS Tira Persikabo)
Rezaldi Hehanusa (Persija)

Tengah:
Andik Vermansah (Madura United)
Evan Dimas (Barito Putera)
Arthur Bonai (Badak Lampung)
Stefano Lilipaly (Bali United)
Zulfiandi (Madura United)
Riko Simanjuntak (Persija)
Hanif Sjahbandi (Arema FC)
Dendi Santoso (Arema FC)
Bayu Pradana (Barito Putera)
Wawan Febrianto (PS Tira Persikabo)
Saddil Ramdani (Pahang FA)

Depan:
Beto Goncalves (Madura United)
Irfan Bachdim (Bali United)
Lerby Eliandry (Borneo FC)

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Gil/Nia/Ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads