alexametrics
Liga 1 2019

Osas Saha Pemain Terbaik Juni-Juli versi Jawa Pos

27 Agustus 2019, 16:30:49 WIB

JawaPos.com – Namanya memang tak masuk deretan top scorer sementara Liga 1 2019. Namun, performanya sepanjang Juni hingga Juli lalu sangat cemerlang. Tak salah jika Jawa Pos dan Statoskop memilih Osas Saha sebagai pemain terbaik di dua edisi sekaligus, Juni dan Juli.

Pelatih PS Tira Persikabo Rahmad Darmawan tegas membantah bahwa timnya bergantung pada satu atau beberapa pemain. Namun, fakta di lapangan menunjukkan, Tira Persikabo mulai sulit meraih kemenangan saat Osas Saha absen. Bersama Angga Saputra dan Manahati Lestusen, pemilik nama lengkap Osas Marvelous Ikpefua itu harus mengikuti pemusatan latihan timnas senior.

Nah, tanpa Saha, Tira Persikabo harus menelan dua kekalahan dalam tiga laga terakhir. Tragisnya, Tira Persikabo yang sempat tak terkalahkan dalam 13 laga di Liga 1 Minggu lalu (25/8) dibantai Persela Lamongan 1-6.

Ya, absennya Osas Saha dalam pertandingan itu memang berdampak cukup besar. Tidak ada yang bisa membantu Ciro Alves dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan. Ciro juga mulai kehilangan suplai umpan matang.

RD –sapaan Rahmad Darmawan– memang sangat butuh sosok Osas. Sebab, pemain naturalisasi asal Nigeria itu memang sosok penting dari perkasanya Tira Persikabo di Liga 1. Penampilan apiknya tersebut juga membuat pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy kepincut. Osas termasuk satu di antara 24 nama yang dipanggil untuk melawan Malaysia (5/9) dan Thailand (10/9) di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Apa rahasia penampilan apiknya? Mantan pemain Persija Jakarta itu menunjuk sosok RD. RD memberikan dampak besar bagi Tira Persikabo, terutama bagi individu-individu pemain yang ada di dalamnya.

Osas mengungkapkan, tidak hanya tegas di lapangan, RD juga cerdas dalam meramu taktik. RD juga merupakan sosok ayah yang mengayomi para pemain. ’’Tidak seperti pelatih, dia layaknya ayah bagi saya atau kami di tim. Dia membuka ruang diskusi, sharing, dan curhat, kapan pun pemain ingin bicara. Selalu ada saat kami butuh,’’ kata Osas.

Karena itu, tiap kali bermain, Osas tidak ingin mengecewakan RD. ’’Beliau sudah sangat baik kepada saya. Saya harus membalasnya dengan penampilan maksimal,’’ tuturnya.

Selain itu, peak performance-nya didapat karena situasi tim yang kondusif. Antar pemain sudah seperti saudara. ’’Kompak sekali. Tidak ada perbedaan kamu pemain asing, lokal, atau seperti saya naturalisasi. Semua sama, sama-sama bersatu untuk tim ini,’’ ujarnya.

Osas juga melihat manajemen Tira Persikabo sangat top. Berdasar pengalamannya berada di Indonesia sejak 2008, dia tidak pernah melihat manajemen yang begitu perhatian kepada pemain. ’’Kami nyaman, semua profesional di sini,’’ katanya.

Pemain yang sempat bermain di Malaysia bersama Penang FA itu menyebut, targetnya musim ini adalah membawa Tira Persikabo juara. Target yang sekaligus misinya untuk dapat dua gelar juara Liga 1 berturut-turut. Musim lalu, dia juga berhasil membantu Persija jadi juara. ’’Top scorer? Saya yakin bisa, asal berusaha. Tapi, itu bonus, yang penting tim ini juara,’’ terangnya.

Harapan lain, Osas bisa memberikan prestasi terhadap negara barunya: Indonesia. Pemanggilan McMenemy kepadanya untuk bergabung bersama timnas tidak akan disia-siakan. ’’Ini seperti mimpi, saya senang sekali. Saya akan lakukan yang terbaik jika memang dipercaya bermain. Yang terpenting tidak sombong dan ikuti instruksi pelatih,’’ pungkasnya.

 

Statistik Osas Saha (Juni dan Juli)

Main: 8

Menit bermain: 696

Gol: 5

Umpan gol: 3

Umpan kunci: 1

Intesep: 1

Sapuan: 9

Melanggar: 14

Dilanggar: 9

Total tembakan: 20

Akurasi tembakan: 55%

Duel udara sukses: 17%

Tekel sukses: 25%

Dribel sukses: 25%

Total umpan: 93

Akurasi umpan: 86%

Offside: 13

Kartu kuning: 1

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/bas


Close Ads