alexametrics
Timnas Indonesia

Pilih TC di Bekasi, Protokol Kesehatan untuk Timnas U-16 Sangat Ketat

27 Juni 2020, 17:19:39 WIB

JawaPos.com – Setelah tiga bulan hanya melakukan training camp virtual, timnas Indonesia U-16 segera bisa berlatih bersama secara langsung. Kemarin (26/6) PSSI mengumumkan jadwal TC untuk timnas U-16 yang akan turun di Piala Asia akhir tahun ini. Tepatnya pada 6–29 Juli di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Ada 26 pemain yang dipanggil dalam TC timnas kali ini. Tim pelatih timnas U-16, tampaknya, masih percaya pada wajah-wajah lama seperti Marsel Ferdinan, Ruy Arianto, hingga Muhammad Valeron. ’’Sebagian besar memang pemain yang sempat ikut TC pada Maret lalu. Tapi, ada beberapa nama tambahan yang baru juga,’’ ujar Bima.

Bima menyadari banyak hal yang menurun ketika tiga bulan para pemain tidak bertemu. Terutama soal fisik. Meski sudah diberi program latihan mandiri, bagi dia, itu tidak maksimal ketika para pemain melakukannya tanpa bimbingan pelatih. ’’Ya kami berharap pemain datang dalam keadaan bugar dulu. Mereka juga harus siap kerja keras selama TC berlangsung,’’ paparnya.

Bima bersyukur akhirnya bisa segera bertatap muka secara langsung dengan anak asuhnya. Selain ada rindu yang bakal tersalurkan, dirinya bisa menerapkan segala macam program yang selama ini sudah disusun bersama staf pelatih. ’’Ya kami nantinya mempersiapkan mental, taktik, dan strategi kepada pemain agar dapat meraih hasil maksimal di Piala Asia U-16 nanti,’’ katanya singkat.

Sementara itu, Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, TC timnas U-16 akan menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tidak main-main, TC tersebut akan jadi contoh bagaimana PSSI menerapkan protokol kesehatan kepada timnas. Sebagai bahan nantinya sebelum kompetisi dimulai. Tentu, semua sesuai anjuran dari pemerintah.

’’Kami sudah koordinasi dengan berbagai pihak agar TC ini bisa berjalan dan pemain dari berbagai daerah datang ke Bekasi,’’ paparnya.

Dipilihnya Bekasi bukan tanpa alasan. Selain sudah sangat mengenal Stadion Patriot Candrabhaga karena TC pada Maret lalu dilakukan di lokasi yang sama, Bekasi dipilih karena menyandang kota dengan penanganan kasus Covid-19 terbaik di Indonesia.

Pemerintah Kota Bekasi juga memberikan dukungan penuh kepada PSSI. Artinya, semua aspek yang dibutuhkan selama menjalankan TC, terutama soal protokol kesehatan, bakal dibantu. ’’Selain itu, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Bekasi memberikan izin dan menyambut baik timnas U-16. Jadi, akhirnya kami putuskan di Bekasi,’’ tuturnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads