alexametrics

Kembali ke Timnas, Elkan Baggott: Saya Sempat Alami Cedera Kepala

27 Mei 2022, 17:20:06 WIB

JawaPos.com-Lini belakang tim nasional Indonesia kurang tangguh pada perhelatan SEA Games 2021 Vietnam. Dari babak penyisihan sampai perebutan tempat ketiga, gawang Indonesia kebobolan tujuh kali.

Kini, pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) bisa bernapas lega. Kekuatan di lini belakang Indonesia akan lebih kuat setelah center back Elkan Baggott bergabung. Dia tiba di Jakarta kemarin dan langsung merapat bersama para pemain timnas lainnya.

STY senang Elkan datang. Sebenarnya, nama Elkan didaftarkan pada ajang SEA Games 2021 Vietnam. Namun, Elkan tidak bisa bergabung sampai perhelatan itu usai.

Pertama, klubnya tidak mengizinkan Elkan pergi. Sebab, SEA Games bukan pertandingan yang terkoneksi dengan FIFA. Selain itu, Elkan sedang kurang fit saat rekan-rekannya berjuang di Vietnam.

”Sekarang Elkan sudah datang. Dia akan terus bersama kami sampai kualifikasi Piala Asia 2023 berakhir. Dia diizinkan klubnya karena kualifikasi Piala Asia merupakan bagian dari FIFA Matchday,” tutur STY di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin sore.

Pelatih asal Korea Selatan itu optimistis Indonesia bisa melewati uji coba melawan Bangladesh dan kualifikasi Piala Asia 2023 dengan baik. Sebab, tidak banyak perubahan pada komposisi pemain yang dipanggil.

”Sebagian pemain pernah sama-sama bermain di SEA Games. Sebagian lainnya merupakan penggawa AFF 2020. Saya pikir tidak akan terlalu susah untuk menyatukan mereka,” tegas pelatih 51 tahun itu.

Elkan senang bisa terlibat dalam pertandingan melawan Bangladesh dan kualifikasi Piala Asia 2023. Dia sudah tidak sabar untuk kembali membela Merah Putih. ”Saya sempat mengalami cedera kepala. Tapi, sekarang sudah jauh lebih baik,” ungkap Elkan.

Elkan sangat menantikan pertandingan melawan Bangladesh. Kedua tim akan bertemu pada 1 Juni di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, atau tepat dua hari setelah kongres tahunan PSSI selesai.

Dia tertantang untuk mengalahkan Bangladesh karena ada pemain Ipswich Town U-18. Yakni, Yousuf Zulqurnain Hoque.

”Saya berharap dia main di pertandingan nanti. Tapi, kami tetap harus memenangi pertandingan tersebut. Saya akan memberikan performa terbaik,” tegas pesepak bola dengan tinggi 194 sentimeter itu.

Skuad Timnas untuk FIFA Matchday

Penjaga Gawang
Nadeo Argawinata (Bali United), Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Muhammad Adisatryo (Persik Kediri), Syahrul Trisana (Persikabo 1973)

Belakang
Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Elkan Baggott (Ipswich Town), Fachruddin Aryanto (Madura United), Koko Ari Araya (Persebaya Surabaya), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Ilham Rio Fahmi (Persija Jakarta), Moh Edo Febriansyah (RANS Cilegon FC), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Tengah
Rizky Dwi (Arema FC), M. Rafli (Arema FC), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Marc Klok (Persib Bandung), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persib Bandung), Evan Dimas Darmono (Arema FC)

Depan
Stefano Lilipaly (Borneo FC), Irfan Jaya (Bali United), Terens Puhiri (Borneo FC), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Witan Sulaeman (FC Senica), Irfan Jauhari (Persis Solo), Dimas Drajad (Persikabo 1973), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads