alexametrics
Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Timnas U-23 Gelar Pemilu untuk Memilih Kapten Tim

27 Maret 2019, 00:35:25 WIB

JawaPos.com – Timnas U-23 Indonesia gagal melaju ke putaran final Piala Asia 2020. Pada laga terakhir fase grup, Selasa (25/3) malam WIB, Garuda Muda memang menang 2-1 atas Brunei Darussalam. Namun, hasil itu sudah tak berpengaruh. Kemenangan tersebut hanya sekadar obat pelipur lara.

Terlepas dari itu, ada cerita menarik dari Timnas U-23 Indonesia. Skuad asuhan Indra Sjafri itu ternyata sudah merayakan pesta demokrasi lebih cepat. Bukan memilih pemimpin negara. Tapi, mereka memberikan suara untuk menentukan kapten skuad Garuda Muda.

Indra Sjafri memang punya cara unik untuk memilih kapten tim. Caranya, dia melakukan kuisioner kepada seluruh pemain Timnas U-23. Setiap pemain diberikan selembar kertas. Kemudian disuruh menuliskan tiga nama yang layak memimpin tim. “Karena saya kan lebih demokratis,” kata Indra.

Nah, dari pemilihan itu, muncul tiga nama yang mempunyai suara terbanyak. Mereka adalah Andy Setyo, Bagas Adi, dan kiper Awan Setho. Tapi, hasil itu tak lantas serta merta dijadikan acuan untuk memilih kapten tim. Karena itu, Indra menugaskan tim masseur timnas U-23 untuk melakukan kuisioner lagi.

Ternyata, hasilnya sama saja. Andy, Bagas, dan Awan tetap menjadi pemain dengan suara terbanyak. “Setelah itu saya panggil tiga pemain itu. Saya jelaskan, apa tujuan menjadi kapten itu. Mereka juga harus paham filosofi bermain yang saya terapkan,” kata Indra saat ditemui di Crowne Plaza Hotel, Hanoi.

Hasil itu sejatinya cukup sesuai dengan keinginan Indra. Sebab, menurutnya, pemain belakang memang lebih cocok menjadi kapten tim. Sebab, dari belakang, dia bisa memantau gerakan seluruh pemain. “Lebih gagah juga kan,” tegas pelatih 56 tahun itu.

Nah, dalam tiga laga di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 Grup K, hanya Awan Setho yang tak pernah menjadi kapten. Andy sudah mengemban amanah itu pada laga perdana kontra Thailand U-23 (22/3). Tugas itu kemudian diberikan kepada Bagas Adi dalam dua laga sisa, yakni kontra Vietnam U-23 (24/3) dan Brunei Darussalam U-23.

Editor : Edy Pramana

Reporter : gus

Copy Editor :

Timnas U-23 Gelar Pemilu untuk Memilih Kapten Tim