alexametrics

Demi Timnas U-23, Indra Sjafri Ingin Liga Berlakukan Peraturan Lama

27 Maret 2019, 18:43:44 WIB

JawaPos.com – Indra Sjafri gagal membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 2020. Di babak kualifikasi, Garuda Muda kalah dari Thailand dan Vietnam.

Berkaca dari kegagalan tersebut, Indra Sjafri menyesali minimnya jam terbang untuk para pemain muda. Karenanya ia berharap kompetisi Liga 1 2019 kembali menerbitkan regulasi lama soal kesempatan bermain untuk para penggawa muda.

Di Liga 1 2017 lalu, seluruh tim wajib menurunkan minimal tiga pemain U-23 dalam susunan starting XI. Namun keputusan itu dihapus pada pertengahan kompetisi dan akhirnya ditidakan pada Liga 1 2018.

Indra Sjafri ingin peraturan serupa diadakan lagi di musim 2019. Tujuannya jelas, untuk menemukan bibit-bibit muda yang kelak akan memperkuat Timnas Indonesia.

“Jadi kami berharap nanti di pertemuan manajer liga, kami ingin pemain-pemain kelahiran berumur 23 tahun ke bawah diberikan tempat tiga atau dua orang yang bermain di kompetisi. Jadi mereka bisa dapat jam terbang di kompetisi,” ucapnya.

“Tapi kalau nanti memang itu tidak bisa diterima oleh liga atau tim, kita cari bentuk lain untuk TC (training centre/pemusatan latihan),” tambahnya.

Soal penampilan Timnas U-23, Indra Sjafri mengaku masih banyak kekurangan yang diperlihatkan selama di Vietnam. Karenanya akan ada berbagai pembenahan jelang hadapi SEA Games 2019.

“Kami perlu melakukan evaluasi kepada semua pemain,” kata Indra singkat.

Editor : Bagusthira Evan Pratama



Close Ads
Demi Timnas U-23, Indra Sjafri Ingin Liga Berlakukan Peraturan Lama