alexametrics

Berkas Perkara Vigit Waluyo Dikirim ke Kejagung

27 Maret 2019, 15:05:32 WIB

JawaPos.com – Satgas Antimafia Bola sudah mengirimkan berkas milik tersangka kasus pengaturan skor (match fixing) Vigit Waluyo ke Kejaksaan Agung. Berkas perkara mantan pemilik Klub PSMP Mojokerto itu sudah dikirim ke Kejagung pada Senin (25/3).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, Vigit Waluyo ditetapkan menjadi tersangka pada 14 Januari atas pengembangan kasus model A dari laporan dari Mantan Manajer Persibara Banjarnegara, Laksmi Indaryani. Keterlibatan Vigit Waluyo dalam pengaturan skor disebut-sebut sebagai pelaku pemberi uang sebesar Rp 115 juta untuk meloloskan PS Mojokerto ke Liga 2.

“Berkas perkara milik Vigit Waluyo sudah dikirim ke Kejagung pada tanggal 25 Maret,” ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (27/3).

Berdasarkan pengembangan kasus yang dilakukan penyidik, VW terbukti melakukan pengaturan skor dengan cara memberikan uang sebesar Rp 115 juta kepada Dwi Irianto alias Mbah Putih dengan tujuan untuk meloloskan PS Mojokerto ke Liga 2. Dwi Irianto lebih dulu ditangkap dan sudah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, bersama sejumlah tersangka lain.

Terkait status Vigit Waluyo yang sudah menjadi tersangka dalam perkara kasus korupsi PDAM Sidoarjo 2010 lalu, Argo menegaskan bahwa kasus penyidikan pengaturan skor tidak akan terhenti.

“Ya ditahan di sana. Tidak (berhenti kasusnya). Kami tunggu petunjuk hakim seperti apa,” kata Argo.

Tersangka Vigit Waluyo terancam dijerat Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penipuan, Pasal 5 juncto Pasal 12 huruf a dan b Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Close Ads
Berkas Perkara Vigit Waluyo Dikirim ke Kejagung