alexametrics

Homebase Beres, Persebaya Siap Berprestasi di Pentas ASEAN

27 Januari 2020, 17:34:21 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya tak hanya berlaga di pentas nasional. Tim berjuluk Green Force itu juga bermain di kompetisi internasional. Mereka menjadi wakil Indonesia di ajang ASEAN Football Championship (AFC) 2020.

Pihak PSSI sudah mengirim surat resmi kepada manajemen Persebaya. Mereka meminta kejelasan soal home base, lapangan latihan, dan akomodasi untuk turnamen tersebut. Nah, pihak Persebaya sudah harus memberikan kepastian kepada AFF soal itu paling lambat Selasa (28/1).

Persebaya Surabaya

Soal home base, Persebaya sudah memastikan akan berkandang di Surabaya. Ada dua stadion yang akan digunakan Green Force musim ini. Yakni, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November (G10N). GBT akan digunakan hingga akhir Juli. Setelah itu, mereka boyongan ke G10N hingga akhir musim.

Sekretaris Persebaya Ram Surahman memastikan hal tersebut. ”Kami sudah sampaikan ke dispora (Surabaya) soal kompetisi ASEAN juga. Intinya, Pemkot Surabaya mendukung penuh kami berkandang di Surabaya,” terang Ram kepada Jawa Pos. Karena itu, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pemkot. ”Tinggal nanti menyesuaikan dengan jadwalnya,” jelas pria asli Gresik itu. Hanya, manajemen belum memberikan balasan kepada pihak AFF.

GBT memang sudah layak menjadi tuan rumah di kompetisi ASEAN. Apalagi, stadion berkapasitas 50 ribu penonton itu sudah lolos verifikasi AFC pada tahun lalu. Untuk tempat latihan, Persebaya sering berpindah. Ada beberapa lapangan yang sering dijadikan tempat latihan. Misalnya, Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, maupun lapangan Polda Jatim, Surabaya.

Rencananya, kompetisi tersebut dimulai pada Mei. Kemudian, berakhir pada akhir Juli. Artinya, ada waktu selama tiga bulan bagi Green Force untuk fokus ke kompetisi ASEAN Football Championships. Soal target, manajemen Persebaya belum mau berbicara banyak. ”Nanti saja lah. Toh, kami juga belum tahu lawan kami siapa saja,” terang Ram. Hal itu bisa dimaklumi. Sebab, masih ada beberapa tim yang harus melakoni ajang kualifikasi.

Persebaya akan bersaing dengan tim dari negara lain di Asia Tenggara. Persebaya tidak sendirian. Bali United juga menjadi wakil Indonesia di ajang itu. Mereka akan bersaing dengan 10 klub lain. Nantinya 12 klub peserta dibagi dalam dua grup.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/tom

Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads