alexametrics
Piala Indonesia 2018

Tak Mampu Melawan Badai, Persib Dibikin Mandul oleh Persiwa

27 Januari 2019, 17:09:37 WIB

JawaPos.com – Punya pemain dengan kualitas mumpuni tak menjamin Persib Bandung bisa mudah mencetak gol. Persiwa Wamena mampu muncul sebagai adangan yang berat bagi Maung Bandung dalam babak 32 besar Piala Indonesia 2018, Minggu (27/1).

Bermain away di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, Persib menurunkan skuad yang dihiasi muka baru. Ada Srdjan Lopicic dan Erwin Ramdani yang merupakan pemain anyar di awal musim ini di posisi starter.

Dengan komposisi yang termasuk kuat, Persib memang mampu mendominasi permainan. Peluang demi peluang terus diciptakan tanpa henti. Tapi gol yang dinanti tak kunjung tiba.

persib bandung
Srdjan Lopicic gagal menunjukkan kemampuannya sebagai pengatur serangan saat melawan Persiwa Wamena, Minggu (27/1). (persib.co.id)

Penampilan solid pertahanan Persiwa memang membuat Persib cukup kesulitan menjebol gawang tuan rumah. Ditambah lagi, performa Endang Subrata di bawah mistar yang sangat luar biasa. Sang kiper mampu membuat skuad Maung Bandung frustrasi.

Hingga akhir babak pertama, Persib tak mampu menciptakan gol. Maung Bandung benar-benar kesulitan memecah kebuntuan.

Kondisi ini membuat pelatih Miljan Radovic memasukkan Ezechiel N’Douassel dan Esteban Vizcarra di awal babak kedua. Masuknya dua pemain dengan skill tinggi tersebut membuat serangan Persib lebih tajam.

Namun, hingga melewati separuh babak kedua, gawang Persiwa masih tetap aman. Padahal sejumlah peluang emas mampu diciptakan Persib. Seperti saat tendangan keras N’Douassel yang melanjutkan umpan terukur Vizcarra yang mampu diamankan dengan baik oleh Endang Subrata.

Saat berada dalam tekanan, Persiwa justru sempat mencuri kesempatan. Beruntung, sundulan Fabio Marko tak mengarah tepat ke gawang Made Wirawan. Andai bola sundulan Fabio masuk, itu akan menjadi malapetaka bagi Persib.

Skuad Maung Bandung benar-benar dibuat mati kutu oleh compaq defend yang diperagakan Badai Pegunungan-julukan Persiwa. Bertubi-tubi serangan yang dirancang, baik melalui open play maupun set pieces tak mampu membuat jala Endang Subrata bergetar.

Persib pun dibuat mandul sepanjang 90 menit. Hasil imbang tanpa gol ini menjadi modal penting bagi Persiwa untuk lakoni laga kedua nanti. Sementara bagi Persib hal ini jelas menjadi kerugian, meski di leg kedua nanti akan bermain di kandang sendiri.

Susunan pemain
Persiwa Wamena: Endang Subrata, Abdul Gafur, Noldi Saputra (Al Ayubi 86′), Ridwan AR, Sedek Sanaky, M Erwin, Arfan AW, Fabio Marko (Usman 90′), Agus Salim, Munawar Basri, Samsul Bahri
Pelatih: Winaryo

Persib Bandung: Made Wirawan, Henhen, Wildansyah, Indra M, Ardi Idrus, Kim Jeffrey, Lopicic, Erwin R (Beckham Putra 89′), Febri, Frets Butuan (Vizcarra 46′), Wildan Ramdani (Ezechiel 46′)
Pelatih: Miljan Radovic

Wasit: Ichsan Prasetya

Editor : Agus Dwi W

Tak Mampu Melawan Badai, Persib Dibikin Mandul oleh Persiwa