alexametrics
Liga 1 2019

Dzhalilov dan Supriadi Absen, Rian, Osvaldo, dan Alwi Slamat Kembali

26 Agustus 2019, 16:23:39 WIB

JawaPos.com – Skuad Persebaya Surabaya mulai lengkap. Sebelumnya ada enam pemain yang absen saat melawan Persija Jakarta (24/8). Nah, tiga di antara enam pemain itu sudah bisa diturunkan kontra Bhayangkara FC (31/8).

Mereka adalah Osvaldo Haay, Rachmat ”Rian” Irianto, dan M. Alwi Slamat. Osvaldo dan Rian sudah bebas dari sanksi akumulasi kartu. ”Alwi mungkin saat melawan Bhayangkara FC sudah bisa gabung,” kata pelatih karteker Persebaya Bejo Sugiantoro. Sebelumnya Alwi absen lantaran fokus dengan kesatuannya di TNI.

Persebaya Surabaya

Bisa turunnya tiga pemain itu jelas menjadi angin segar. Sebab, Green Force –julukan Persebaya– mungkin kehilangan Manuchekhr Dzhalilov. Pemain 28 tahun tersebut mendapat panggilan timnas Tajikistan. Dia masuk dalam skuad Kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Kirgistan (5/9) dan Mongolia (10/9).

Hadirnya Osvaldo juga sangat penting. Dengan begitu, Bejo bisa kembali menerapkan skema false nine. Osvaldo akan kembali diplot sebagai striker. Skema itu sempat berbuah kemenangan 3-1 atas Badak Lampung (20/8). Dalam laga tersebut, Osvaldo mampu mencetak satu gol.

Kehadiran Rian juga melegakan. Sebab, Persebaya hanya memiliki Andri Muliadi dan M. Syaifuddin di posisi stoper. Selain dapat menjadi opsi di posisi gelandang jangkar, Rian bisa jadi pelapis jika Andri atau Syaifuddin bermasalah. Apalagi, Rian punya statistik apik. Dari 11 laga, pemain 19 tahun itu mencatatkan 24 intersep dan 26 sapuan plus 1 gol.

Sayang, Persebaya mungkin kehilangan M. Supriadi. Pemain 17 tahun tersebut mendapat panggilan timnas U-19. ”Panggilannya sih untuk tanggal 29 (Agustus),” kata Supriadi kepada Jawa Pos.

Artinya, Supriadi sudah harus berangkat dua hari sebelum laga kontra Bhayangkara. Padahal, performa dia dalam laga kontra Persija cukup oke. Supriadi mampu merepotkan sisi kiri pertahanan Macan Kemayoran –julukan Persija– dalam laga debutnya di Liga 1.

Laga kontra Bhayangkara juga menjadi pertaruhan bagi pemain. Sebab, itu adalah laga pemungkas di putaran pertama Liga 1. Artinya, jika tidak tampil oke, pemain bisa saja terdepak di putaran kedua. Bejo sudah lama mewanti-wanti pemain akan hal tersebut. Dia ingin pemainnya tampil maksimal di setiap laga.

Nah, Amido Balde dan Damian Lizio menjadi dua nama yang santer dikabarkan bakal terdepak. Apalagi, dalam dua laga pemungkas, keduanya sama sekali tidak diturunkan. Sebagai gantinya, Persebaya santer dikabarkan bakal mendatangkan top scorer Piala Presiden 2019 Bruno Matos. Jawa Pos sudah berusaha menghubungi sang agen Fabio Barbosa. Tapi, Barbosa belum mau membocorkan ke mana Matos akan berlabuh setelah dicoret Persija.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads