alexametrics
Liga 1 2019

Prediksi PSIS Semarang vs Persija Jakarta: Waspada Amarah Tuan Rumah

26 Mei 2019, 05:38:36 WIB

JawaPos.com – Persija Jakarta di atas kertas diunggulkan saat menghadapi tuan rumah PSIS Semarang, Minggu (26/5) malam WIB di Stadion Moch Soebroto, Magelang. Bukan apa-apa, musim lalu Persija selalu menang dalam dua laga baik kandang maupun tandang.

Saat tandang, Persija menang dengan skor 4-1 yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul. Kala itu, Marko Simic turut mencetak gol. Sedangkan saat bertindak sebagai tuan ruamah, Persija menang 1-0 lewat gol Riko Simanjuntak.

Motivasi para pemain Macan Kemayoran untuk mengulang hasil musim lalu meski tempat laga berbeda cukup tinggi. Memori di Stadion Sultan Agung masih membekas. Selain itu, Persija tengah percaya diri setelah meraih satu poin dalam pekan pertama melawan tuan rumah Barito Putera. Terlebih, Simic kembali menemukan ketajaman usai absen cukup lama membela Persija.

Dalam laga nanti, Simic akan menjadi andalan sebagai juru gedor. Striker asal Kroasia itu bakal mendapat sokongan dari Riko dan Novri Setiawan. Dari lini tengah, suplai bola akan diberikan oleh Bruno Matos, Ramdani Lestaluhu, dan Rohit Chand.

Gelandang Bruno Matos menilai laga melawan PSIS menjadi kesempatan Persija untuk meraih kemenangan pertama di Liga 1 2019. “Kami ingin menang karena pertandingan melawan PSIS sangat penting,” ujar Bruno saat konferensi pers jelang laga seperti dilansir laman resmi Persija.

“Saya respek dengan PSIS, tapi persija ingin menang. Kami tidak ingin kalah atau seri, kami menginginkan kemenangan,” tutup Bruno.

Meski begitu, Persija pantang terbuai dengan rekor apik musim lalu. PSIS kini telah berbenah dengan mendatangkan sejumlah pemain lokal dan asing berkualitas. Tim asuhan Jafri Sastra itu pun dipastikan bakal meluapkan kemarahan setelah pada pekan pertama kalah 1-2 dari tim promosi Kalteng Putra.

Tentunya Septian David Maulana cs tak ingin malu untuk kedua kalinya di depan publik sendiri. Laga kandang kali ini harus mendapatkan poin meski lawan yang dihadapi adalah juara bertahan Persija Jakarta.

“Semua pertandingan sebetulnya tidak ada yang mudah karena sudah masuk kompetisi. Namun yang pasti anak-anak harus kerja keras dan saya yakin itu mereka lakukan saat menghadapi Persija. Para pemain harus disiplin lagi, sehingga apa yang kami inginkan bisa tercapai,” ungkap Jafri Sastra.

PSIS punya senjata rahasia untuk bisa mengejutkan Persija. Dia adalah Silvio Escobar, pemain pinjaman dari Macan Kemayoran. Tak ada klausul dia dilarang tampil melawan Persija, artinya penyerang yang akan segera dinaturalisasi itu bakal menjadi andalan PSIS untuk menggedor pertahanan Persija. Bergabung bersama Persija kurang lebih empat bulan setidaknya Escobar paham kelebihan dan kekurangan Macan Kemayoran.

Pelatih Persija, Ivan Kolev, meminta para pemainnya tak menganggap enteng PSIS. Terlebih, keberadaan Escobar bakal menjadi hal yang diwaspadai. “PSIS punya kualitas dan kami tidak boleh menganggap enteng. PSIS punya Escobar yang punya kualitas. Dia pemain kami yang dipinjamkan. Di Persija mungkin dia datang pada waktu yang tidak tepat. Saat itu, kami punya agenda padat di berbagai turnamen. Kami harus mewaspadai dia,” beber Kolev.

Laga ini dipastikan seru dan panas karena kedua tim berambisi meraih kemenangan perdana di Liga 1 2019. Siapa yang akan tertawa? Pantang untuk dilewatkan.

Rekor Pertemuan
18/09/18 Persija 1-0 PSIS
20/04/18 PSIS 1-4 Persija

5 Laga Terakhir PSIS
16/05/19 PSIS 1-2 Kalteng Putra
16/03/19 PSIS 1-0 PSM
10/03/19 Kalteng Putra 0-1 PSIS
06/03/19 PSIS 1-3 Persipura
24/02/19 PSIS 1-4 Bhayangkara FC

5 Laga Terakhir Persija
20/05/19 Barito Putera 1-1 Persija
15/05/19 Persija 6-1 Shan United
04/05/19 Persija 1-0 Bali United
01/05/19 Binh Duong 3-1 Persija
26/04/19 Bai United 2-1 Persija

Perkiraan Susunan Pemain
PSIS Semarang (4-2-3-1): Joko Ribowo; Safrudin Tahar, Wallace Costa, Fauzan Fajri, Fredyan Wahyu; Patrick Mota, Tegar Infantrie; Septian David Maulana, Bayu Nugroho, Hari Nur Yulianto; Silvio Escobar
Pelatih: Jafri Sastra

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Steven Paulle, Maman Abdurahman, Tony Sucipto; Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Bruno Matos; Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Marko Simic
Pelatih: Ivan Kolev

Prediksi JawaPos.com
PSIS Menang: 30%
Persija Menang: 30%
Imbang: 40%

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan