alexametrics

Acara TV Dinilai Jadi Sebab Performa Buruk, Indra Sjafri Beri Bantahan

26 Maret 2019, 14:15:00 WIB

JawaPos.com – Timnas U-23 gagal menembus babak utama Piala Asia U-23 2020. Dua kekalahan dari Thailand dan Vietnam mengubur harapan Saddil Ramdani dan kolega. Sejumlah kegiatan di luar latihan dan persiapan tim ditengarai jadi penyebab melempemnya performa Timnas usai menjuarai Piala AFF U-22.

Berbagai sorotan tajam diarahkan kepada skuad asuhan Indra Sjafri itu. Terutama di dunia maya. Netizen menganggap Timnas terbuai euforia pascajuara di Piala AFF U-22.

Selain itu, Andy Setyo dkk banyak melakukan aktivitas di luar sepak bola setelah menjadi kampiun di Kamboja. Salah satu yang paling disorot adalah kehadiran pemain dan ofisial Timnas pada acara musik di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Di acara itu pula, skuad Timnas menerima masing-masing satu unit sepeda motor.

Apakah kehadiran pemain di acara tersebut mempengaruhi performa mereka di lapangan? Indra dengan tegas membantahnya.

“Kami hanya satu jam di situ (acara musik). Orang sakit flu pergi ke situ saja, nggak akan ada pengaruhnya. Apalagi ini orang sehat, atlet,” katanya saat ditemui Jawa Pos di Crowne Plaza Hotel, Hanoi, Senin (25/3) kemarin. 

Karena itu, dia tak mau acara tersebut dijadikan kambing hitam atas kegagalan Timnas melaju ke babak utama Piala AFC U-23 2020. “Kira-kira atlet yang sehat ke situ (acara musik) satu jam, apa ada efeknya ke permainan, dok?” ucapnya dengan nada bercanda sembari menepuk lengan dokter Timnas U-23, Syarif Alwi yang ada di sebelahnya. 

Hanya, dia memang tak menampik situasi yang dialaminya saat ini berbeda saat mampu membawa Timnas U-19 juara Piala AFF U-19 pada 2013 silam. Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti yang menjabat kala itu, meminta agar timnya tak sering tampil di TV.

“Karena persiapan tim kan panjang. Ya jadi saya tahu sekarang kenapa pak Nyalla dulu melakukan itu,” tegas Indra. 

Editor : Agus Dwi W

Reporter : (gus/bas) 

Acara TV Dinilai Jadi Sebab Performa Buruk, Indra Sjafri Beri Bantahan