alexametrics

Terima Surat Rekomendasi Dari PPATK, Aliran Dana Joko Driyono Didalami

26 Februari 2019, 22:02:49 WIB

JawaPos.com – Tim Satgas Antimafia Bola sudah menerima surat rekomendasikan dari Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPTAK) soal pendalaman aliran dana milik Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Pria yang akrab disapa Jokdri tersebut sudah ditetapkan tersangka atas kasus perusakan dan pengamanan sejumlah barang bukti pengaturan skor yang sedang dikuasai oleh penyidik.

Ketua Media Tim Satgas Anti Mafia Sepakbola, Kombes Pol Argo Yuwono menjelaskan, surat rekomendasi yang sudah diterima dari PPATK terkait pendalaman aliran dana rekening milik tersangka tersebut akan dijadikan bahan penyidikan lanjutan.

Terima Surat Rekomendasi Dari PPATK, Aliran Dana Joko Driyono Didalami
Ketua Media Tim Satgas Anti Mafia Sepakbola, Kombes Pol Argo Yuwono (Wildan Ibnu Walid/ JawaPos.com)

Lebih dalam Argo menjelaskan, surat rekomendasi itu jalan masuk untuk pengusutan mencari bukti transaksi keuangan yang mencurigakan milik tersangka.

“Tentu (surat rekomendasi) ini akan jadi bahan penyidik serta dievaluasi, seperti apa surat dari PPATK itu. Pastinya hal itu akan menjadi bagian untuk penyidikan lebih lanjut,” ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (26/2).

Sementara, Kepala PPATK Kiagus Ahmad mengatakan, pemeriksan keuangan masih berlangsung. Menurutnya pemeriksaan bukan hanya melingkupi data base saja, melainkan juga pemantauan transaksi keuangan tersangka.

“Kami setiap saat menerima laporan-laporan tentang transaksi keuangan yang mencurigakan dan laporan transaksi tunai. Nanti secara digital dengan gampang mengumpulkan yang ada di data base kami,” ujarnya.

Menurutnya, apabila semua data sudah terkumpul, maka pihaknya akan menyerahkan data tersebut kepada Tim Satgas Mafia Bola untuk segara dilakukan penindakan jika memang terbukti ada transaksi mencurigakan.

Akan tetapi, hingga kini masih dalam proses penyelesaian. Dirinya berusaha semaksimal mungkin agar secepatnya menyelesaikan proses tersebut.

“Tugas dan kewenangan kami hanya mengumpulkan data, menganalisa dan mendeminasi pada penegak hukum. Tidak bisa kami konkretkan berapa lama kapan, sebulan. Kami habya memberikan laporan sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya,” terangnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid



Close Ads
Terima Surat Rekomendasi Dari PPATK, Aliran Dana Joko Driyono Didalami