alexametrics
Piala Gubernur Kaltim

Tuah Pemain Pengganti Loloskan Persebaya ke Semifinal

26 Februari 2018, 22:06:09 WIB

JawaPos.com – Rishadi Fauzi dan Rendi Irwan Saputra, dua pemain yang baru masuk pada menit ke-69, menjadi pahlawan kemenangan Persebaya Surabaya atas Persiba Balikpapan dengan skor 3-1, Senin (26/2) malam. Dua gol Fauzi dan Rendi membawa Green Force melenggang ke semifinal Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2018.

Striker Persiba Rosi Noprihanis memberikan ancaman pertama untuk Persebaya pada menit ketujuh. Akan tetapi sepakannya sukses dibendung kiper Alfonsius Kelvan. Sebuah tembakan keras dilepaskan Fandi Eko Utomo pada menit kedelapan. Sayang bola masih mampu ditepis penjaga gawang Persiba Fajar Setya Jaya.

Alfonsius kembali menyelamatkan gawang Persebaya pada menit ke-12. Kali ini ia sukses mematangkan peluang Sandi Septian. Semenit berikutnya peluang emas diperoleh Irfan Jaya setelah menerima umpan Pedro Henrique. Sayang sepakannya melebar tipis di kiri gawang Persiba.

Peluang ketiga untuk tuan rumah didapat dari set piece Rosi pada menit ke-15. Lagi-lagi Alfonsius mampu membaca arah bola dengan sempurna. Sementara itu serangan yang dibangun Persebaya kerap menemui jalan buntu. Mereka terlalu gegabah dalam mengeksekusi peluang. Alhasil banyak kans yang menguap begitu saja.

Permainan cepat Persiba sangat merepotkan anak-anak Persebaya. Serangan yang dibangun anak asuh Wanderley Junior juga sangat efektif. Mereka telah melepaskan empat tendangan on target hingga menit ke-30. Sedangkan sepakan para pemain Persebaya hanya sekali yang mengarah tepat ke gawang.

Sigit Meiko hampir melakukan gol bunuh diri saat berusaha menghalau tendangan keras Misbakhus Solikin pada menit ke-33. Beruntung arah bola melambung di atas gawang. Persebaya mulai mengatur tempo setelah waterbreak. Otavio Dutra menanduk bola hasil sepal pojok Irfan Jaya pada menit ke-40. Sayang arah bola belum tepat sasaran.

Pelanggaran yang dilakukan Arthur Irawan kepada Beni Oktavianto berbuah hadiah penalti untuk Persiba pada menit ke-42. Bryan Cesar yang menjadi algojo berhasil membawa Persiba unggul 1-0 pada menit ke-43. Sebuah usaha Dimas Galih Gumilang pada menit ke-46 sukses digagalkan penjaga gawang Alfonsius. Skor 1-0 untuk Persiba menutup jalannya babak pertama.

Persebaya berbenah pada babak kedua. Pelatih Angel Alfredo Vera menurunkan Ferinando Pahabol, Robertino Pugliara dan M. Syaifuddin. Gawang Persebaya langsung terancam pada menit ke-48. Beruntung tendangan bebas Rosi berhasil ditepis Alfonsius. Peluang diperoleh Persebaya dari sontekan Syaifuddin. Sayang bola melambung di atas mistar.

Babak kedua telah berlangsung 20 menit. Namun para penggawa Persebaya seperti anak ayam yang kehilangan induknya. Mereka kebingungan untuk membongkar rapatnya pertahanan Persiba. Penyelesaian akhir Persebaya juga tidak terlalu bagus. Justru mereka acap kali membuang peluang yang seharusnya bisa mereka konversi menjadi gol.

Percobaan dari jarak jauh dilakukan Ikhfanul Alam pada menit ke-68. Beruntung kiper Alfonsius sigap meninju bola menjauh dari gawangnya. Alfredo Vera panik. Ia menghabiskan stok pergantian pemain dengan menurunkan Rishadi Fauzi dan Rendi Irwan Saputra. Alfredo menarik Ricky Kayame yang tampil melempem sepanjang pertandingan.

Persebaya akhirnya mencetak gol tepat di menit ke-81. Sundulan Rishadi Fauzi menyambut crossing Feri Pahabol sukses menjebol gawang Fajar Setya Jaya, kiper Persiba. Dua menit berselang, Robertino melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Namun bola berhasil diredam Fajar Setya.

Pada menit ke-84 giliran Rendi Irwan yang menjebol gawang Persiba. Dari sisi kanan pertahanan Persiba, Rendi mengirimkan bola ke pojok kiri atas gawang Persiba. Persebaya berbalik unggul 2-1. Rendi hampir mencetak gol kedua pada menit ke-89. Sayang tendangan on target-nya berhasil ditepis kiper.

Kapten Rendi Irwan menyempurnakan kemenangan Persebaya menjadi 3-1 lewat gol indah menit ke-94. Bola lob Rendi melesat ke pojok kanan atas gawang Persiba. Persebaya menutup laga dengan kemenangan 3-1 dan berhak lolos ke semifinal.

Susunan Pemain:

Persebaya: Alfonsius Kelvan, Arthur Irawan (M. Syaifuddin, 46′), Irvan Febrianto (Rishadi Fauzi, 69′), Otavio Dutra, Rachmat Irianto, Nelson Alom, Fandi Eko Utomo (Abu Rizal Maulana, 50′), Misbakhus Solikin (Robertino Pugliara, 46′), Irfan Jaya, Ricky Kayame (Rendi Irwan, 69′), Pedro Henrique (Feri Pahabol, 46′)
Pelatih: Angel Alfredo Vera

Persiba: Fajar Setya Jaya, Fathul Rachman, Hery Susilo, Sigit Meiko Susanto, Siswanto (Ikhfanul Alam, 56′), Bryan Cesar, Sandi Septian, Yosep Marandof (Ilhamsyah, 72′), Beni Oktavianto, Dimas Galih Gumilang, Rosi Noprihanis (Siswanto, 72′)
Pelatih: Wanderley Junior

Wasit: Nusur Fadilah (Bekasi)

Editor : Irawan Dwi Ismunanto

Reporter : (saf/JPC)



Close Ads
Tuah Pemain Pengganti Loloskan Persebaya ke Semifinal