alexametrics
Liga 1 2020

Ruang Ganti GBT Direnovasi, Persebaya dan Dispora Cari Solusi

26 Januari 2020, 07:30:02 WIB

JawaPos.com – Persebaya dipastikan tetap berkandang di Surabaya. Mereka menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, hingga akhir Juli. Namun, renovasi GBT mulai dikebut.

Jika merujuk jadwal renovasi, ruang ganti dan locker room pemain dibenahi bulan depan. Tepatnya pada pekan kedua Februari. Renovasi ruang ganti dan locker room baru akan tuntas pada akhir April. Padahal, Liga 1 2020 mulai kickoff pada 29 Februari mendatang.

Persebaya Surabaya

Memang, jadwal Liga 1 belum keluar. Namun, selama dua bulan renovasi, Persebaya pasti bakal menjamu tamu di stadion berkapasitas 50 ribu penonton tersebut. Lalu, di mana ruang ganti pemain saat Green Force –Persebaya– menjamu tamunya di GBT? ’’Itu (renovasi ruang ganti, Red) sama sekali bukan masalah. Nanti kami carikan ruang lain. Intinya, ada komunikasi untuk cari solusi,’’ kata Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santoso kepada Jawa Pos.

Edi menjelaskan, pihaknya bakal tetap melakukan renovasi sesuai dengan jadwal. Menurut dia, selama rumput lapangan belum direnovasi, Green Force akan tetap merumput di GBT. Rencananya, renovasi rumput dilakukan pada Agustus nanti. Karena itu, Edi meminta Persebaya maupun Bonek tidak khawatir. ’’Pokoknya, Persebaya tetap main di GBT sampai Agustus,’’ tegasnya.

Nah, saat renovasi ruang ganti berjalan tiga pekan, tribun juga dibenahi. Sesuai dengan jadwal, gate 1 hingga 8 atau tribun tim tamu dan Green Nord menjadi yang pertama untuk dipasangi single seat. Pemasangan dimulai pada pekan pertama April nanti, lalu baru tuntas pada akhir Mei berikutnya.

Artinya, tribun Green Nord bakal dikosongkan selama pemasangan single seat. Bonek menyatakan bahwa tidak ada masalah. Koordinator Green Nord Husin Ghozali menuturkan bahwa pihaknya legawa kalau memang tribun Green Nord harus dikosongkan karena ada pemasangan single seat. ’’Kalau renovasi di tribun utara, ya itu dikosongkan. Nggak ada masalah asal pertandingan tetap jalan,’’ ucap pria yang akrab disapa Cak Cong tersebut.

Seluruh pemasangan single seat itu tuntas pada akhir Agustus nanti. Akibatnya, kapasitas stadion GBT menyusut. Saat ini, tanpa single seat, GBT mampu menampung 50 ribu penonton. Nah, dengan sistem single seat, GBT hanya akan bisa menampung 46.806 penonton. Perinciannya, 41.806 penonton di tribun ekonomi dan 5.000 penonton lainnya di tribun VIP. ’’Kami memang kebut renovasinya karena semua pakai dana APBD (Surabaya, Red),’’ jelas Edi.

Saat ini skuad Persebaya sudah kembali ke Surabaya. Mereka baru saja melakoni program training center (TC) di Jogjakarta. ’’Kami mengikuti (TC) dengan serius meski capek. Tapi, itu harus dilakukan sebagai pemain profesional. Nanti progres kami dilihat pelatih saat melakoni uji coba di Surabaya,’’ ungkap gelandang Persebaya Rendi Irwan.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads