Lanjutan Liga 1 Bergulir di 4 Stadion di Jawa Tengah dan Jogjakarta

25 November 2022, 13:55:54 WIB

JawaPos.com-Rencana PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk kembali memutar kompetisi Liga 1 pada 2 Desember sangat mungkin terlaksana.

Namun, saat kompetisi strata tertinggi itu bisa kembali dilanjutkan, semua tim harus siap-siap musafir. Sebab, Liga 1 akan kembali menggunakan sistem bubble atau tersentralisasi di sebuah wilayah.

Sistem ini pernah digunakan PT LIB saat memutar kompetisi musim lalu. Tepatnya saat Liga 1 digelar di tengah pandemi Covid-19.

Saat itu, Liga 1 dibagi menjadi lima series. Series pertama dimainkan di Jabodetabek. Lalu, series kedua dan ketiga diselenggarakan di Jawa Tengah-Jogjakarta. Dan, series keempat dan kelima dihelat di Bali.

Nah, kali ini, PT LIB menunjuk Jawa Tengah-Jogjakarta sebagai daerah untuk menggelar lanjutan Liga 1. Ada empat stadion yang akan dipakai bertanding. Yakni, Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Moch. Soebroto (Magelang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menerangkan, langkah itu merupakan keputusan terbaik saat ini. Setidaknya sampai putaran pertama Liga 1 selesai.

”Sebab, untuk kembali menggunakan format home-away, banyak implementasi peraturan polisi yang harus disosialisasikan,” ujar mantan direktur olahraga Persija Jakarta itu kepada Jawa Pos melalui pesan singkat kemarin.

Saat ini, PT LIB mulai menyosialisasikan peraturan kepolisian. Langkah tersebut dikemas melalui workshop yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Agenda tersebut diikuti oleh ketua panpel, general coordinator, medical officer, media officer, dan security officer dari seluruh klub Liga 1.

Namun, menyosialisasikan peraturan terbaru melalui workshop saja tidak cukup. Proses sosialisasi tentu membutuhkan waktu panjang. Jika harus menunggu proses sosialisasi tuntas, Liga 1 bisa semakin lama tertunda. Di sisi lain, PT LIB akan kejar tayang untuk menuntaskan kompetisi Liga 1 pada 16 April mendatang.

Karena itu, memutar kompetisi dengan format bubble dianggap sebagai jalan terbaik. Dengan format tersebut, PT LIB juga tidak perlu melakukan uji coba SOP dan regulasi baru yang telah disusun tim task force transformasi sepak bola Indonesia.

Awalnya, ada tiga pertandingan yang bakal dijadikan fase uji coba SOP dan regulasi baru. Yakni, pertandingan Barito Putera kontra PSM Makassar, PSIS Semarang melawan Bhayangkara FC, dan Persib Bandung versus Persija Jakarta.

”Uji coba lengkap akan dilakukan di putaran kedua. Sebab, pada putaran kedua, kami berencana kembali menggelar kompetisi dengan format kandang-tandang,” tegas mantan ketua Pengurus Daerah (Pengda) PSSI DKI Jakarta tersebut.

Ferry menambahkan, selama menggunakan format bubble, pertandingan Liga 1 digelar tanpa penonton. ”Apakah putaran kedua baru boleh ada penonton? Itu juga bergantung izin kepolisian berikutnya,” terang pengusaha asal Manado, Sulawesi Utara, tersebut.

Saat ini, PT LIB sudah sangat siap untuk menggelar kompetisi dengan sistem bubble. Operator kompetisi itu tinggal menunggu agenda rapat koordinasi (rakor) dengan kepolisian dan pihak-pihak terkait lainnya. Ferry mengungkapkan, rakor sudah dijadwalkan bakal digelar di gedung Kemenpora, Jakarta, pada Senin (28/11).

”Rakor akan dimulai pukul 14.00 WIB. Terkait sampai kapan putaran pertama digelar, akan saya jelaskan Senin (setelah rakor, Red),” pungkas mantan ketua umum Persija Jakarta tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads