alexametrics
Liga 1 2019

Bonek Dukung dari Balik Pagar, Persebaya Beruntung Ada Da Silva

25 November 2019, 07:21:09 WIB

JawaPos.com – Laga Persebaya Surabaya menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Aji Imbut, Tenggarong tadi malam sepertinya bakal berakhir imbang. Maklum, hingga menit ke-90+1, skor masih 0-0. Beruntung, Persebaya memiliki predator pada sosok David da Silva. Bomber asal Brasil ini pula yang akhirnya menjadi pembeda.

Bomber gundul ini mencetak gol di menit 90+2′. Gol yang membuat Persebaya mengakhiri laga dengan kemenangan tipis 1-0. Kemenangan ini jelas melegakan pelatih Persebaya Aji Santoso. Sebab, sebelum gol Da Silva tercipta, Green Force -julukan Persebaya- selalu gagal memanfaatkan peluang. Padahal, Persebaya mencatatkan 12 tembakan sepanjang laga.

Persebaya Surabaya

Aji menyebut tak ada yang salah dengan finishing pemainnya. “Cuma kiper Persipura tampil cukup bagus dengan menepis beberapa peluang,” kata Aji. Salah satunya adalah tendangan jarak dekat Diogo Campos di menit 89′ yang ditepis Dede Sulaiman. Sepanjang laga, Dede mampu melakukan tujuh save. “Tapi gol terakhir dari Da Silva tendangannya sangat keras,” tambah pelatih 49 tahun itu.

Padahal, Da Silva melepaskan tendangan dari sudut sempit di sisi kanan pertahanan Persipura. Sejatinya, ada kesempatan baginya memberi umpan tarik kepada Diogo Campos yang ada di kotak penalti. Tapi dia memilih melakukan tendangan ke gawang dan menjadi gol. “Bagi striker tidak ada sudut sulit untuk menembak. Semua sudut harus bisa dimanfaatkan menjadi gol. Dan saya bersyukur tendangan itu masuk,” kata Da Silva saat ditemui Jawa Pos seusia laga.

Da Silva di pengujung laga itu terasa menyesakan bagi tuan rumah. Gelandang Persipura Todd Rivaldo Ferre cukup kaget dengan gol tersebut. “Ini karena kami kehilangan fokus. Kami harus berbenah agar tetap fokus ke depannya,” sesal Todd. Meski Da Silva yang jadi pahlawan, Aji tetap memuji seluruh anak asuhnya. “Kerja keras dan kerjasama pemain mampu buahkan tiga angka,” papar Aji.

Selain itu, dukungan Bonek yang ada di luar stadion Aji Imbut jadi pelecut tersendiri. Sejatinya, laga semalam berstatus tanpa penonton. Tapi, Bonek tetap mendukung dari balik pagar tribun selatan stadion. Sayup-sayup dukungan terdengar jelas di dalam stadion. “Saya ucapkan terimakasih buat Bonek. Dukungan kalian adalah semangat kami,” kata gelandang Persebaya Rendi Irwan.

Da Silva dan para pemain Persebaya merayakan gol ke gawang Persipura.

Kemenangan ini membuat Aji belum ternoda. Sudah tiga laga dia memimpin Green Force, sudah dua kemenangan dan sekali imbang dia persembahkan. “Alhamdulilah kami dapatkan poin tujuh. Pencapaian yang cukup bagus. Ini berkat kerja keras pemain. Mereka begitu menikmati pertandingan,” kata Aji.

Sebaliknya, kekalahan ini membuat Persipura kian terpuruk. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu belum meraih kemenangan dalam empat laga pemungkas. Mereka menelan tiga kekalahan dan satu hasil imbang. “Kami belum mampu kembali ke performa terbaik,” kata pelatih Persipura Jacksen F. Tiago. Terakhir Persipura meraih tiga poin adalah kala menang 2-0 atas Madura United (3/11).

Karena itu, dia akan melihat rekaman pertandingan tadi malam. Kemudian melakukan evaluasi apa kesalahan yang perlu diperbaiki. Termasuk soal lini belakang. Sebab, mereka justru kecolongan saat Da Silva mencetak gol di menit akhir. “Padahal saya sudah minta pemain antisipasi bola umpan terobosan ke Da Silva atau Campos. Tapi masih ada kesalahan,” keluh pelatih asal Brasil itu.

Jacksen menilai timnya mampu mengimbangi permainan Persebaya. Hanya, mereka tumpul di depan. Dari delapan kali tendangan yang dilepaskan sepanjang laga, hanya satu yang tepat sasaran. “Kami akan segera benahi semuanya,” tegas Jacksen.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Gus/bas


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads