alexametrics
Kongres Luar Biasa PSSI

KLB Sudah Siap, Nama-Nama Calon Komite Pemilihan Juga Beres

25 Juli 2019, 18:00:09 WIB

JawaPos.com – Pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dua hari lagi. Persiapan untuk menggelar pemilihan komite pemilihan (KP) dan komite banding pemilihan (KBP) juga sudah hampir 100 persen. Tinggal menunggu hari H pelaksanaan di Hotel Mercure, Ancol.

Hal itu disampaikan anggota Exco PSSI Gusti Randa. Menurut dia, hingga saat ini tidak ada kendala untuk menggelar KLB. Surat undangan sudah disebar kepada para voter. ’’Jadi, nanti 26 Juli bisa datang registrasi ambil materi. Besoknya makan siang dan KLB dimulai sore hari,’’ ujarnya.

Bahkan, nama-nama yang bakal diusulkan untuk menempati posisi di KP dan KBP juga sudah ada. Gusti menyatakan, nama-nama tersebut merupakan hasil penjaringan yang selama ini dilakukan PSSI. ’’Hanya untuk jaga-jaga. Sifatnya bottom-up. Ada dari Liga 1 dan Liga 2 juga,’’ paparnya.

Pastinya, menurut pria yang juga seorang pengacara itu, PSSI punya kriteria sendiri ketika melakukan penjaringan. Salah satunya, sosok senior yang paham akan seluk beluk sepak bola Indonesia. ’’Harus independen juga. Jumlahnya ganjil. Terserah mau nyebutin berapa,’’ katanya, lantas tersenyum.

Tetapi, nama-nama yang sudah dijaring itu belum final. Nanti voter yang hadir di KLB pada 27 Juli mendatang memilih nama-nama yang diusulkan PSSI itu. ’’Kami serahkan kedaulatan di tangan voter jika punya usul nama-nama sendiri,’’ ucapnya.

Di sisi lain, salah seorang voter dari Madura United yakni Haruna Soemitro mengungkapkan tidak mau ambil pusing siapa nama-nama tersebut. Yang pasti, pihaknya berharap KLB harus ikuti arahan dari FIFA. ’’Jadi, biar tidak kemana-mana,’’ jelasnya.

Dia menambahkan ada dua cara untuk memilih anggota KP dan KBP. Yang pertama diusulkan voter dan yang kedua diusulkan oleh exco PSSI. ’’Kami menunggu Exco sajalah. Bakal milih yang diusulkan itu saja,’’ tuturnya.

Hal berbeda justru dikatakan oleh Manajer Madura FC Januar Herwanto. Dia mengusulkan, seharusnya nama-nama yang ada di KP dan KBP adalah orang baru. Bukan nama-nama lama yang dirasanya sudah gagal.

Nama-nama baru itu tidak harus berasal dari kalangan sepak bola. Bisa akademisi atau profesi lainnya. ’’Yang jelas mereka harus punya integritas. PSSI harus out of the box. Mungkin panpel seleksi bisa diambil dari Satgas Antimafia Bola, bidang pencegahan KPK, psikoanalisis, hingga perwakilan media,” harapnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/ali


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads