alexametrics

PSM Makassar Awali AFC Cup dengan Clean Sheet di Malaysia

25 Juni 2022, 11:21:52 WIB

JawaPos.com-PSM Makassar mengawali AFC Cup dengan catatan clean sheet. Tidak ada gol yang bersarang ke gawang Juku Eja –julukan PSM. Tapi, tidak ada gol pula yang diciptakan skuad PSM.

Laga kontra Kuala Lumpur City FC di KLFA Stadium berakhir tanpa gol. Hasil itu disyukuri oleh pelatih PSM Bernardo Tavares. Apalagi, timnya tampil dalam kondisi kelelahan.

’’Kami hanya punya dua hari untuk recovery. Sementara tim lawan punya waktu istirahat enam hari. Jadi, saya rasa hasil imbang sudah bagus bagi kami,’’ kata pelatih asal Portugal itu.

Sejatinya, PSM punya peluang unggul. Tendangan Yakob Sayuri dari jarak dekat pada menit ke-42 ditepis kiper M. Azri. Meski begitu, Tavares melihat tim lawan juga punya beberapa peluang.

’’Pertandingan berlangsung ketat. Kedua tim sama-sama punya peluang untuk unggul. Sayang tidak ada gol. Padahal, penonton yang hadir di stadion pasti menunggu terjadinya gol,’’ jelas Tavares.

Dia melihat anak asuhnya benar-benar bermain luar biasa. Apalagi, lawan yang dihadapi adalah runner-up Super Liga Malaysia musim lalu. Sementara PSM musim lalu hanya berjarak dua poin dari zona degradasi.

’’Musim ini kami banyak mengambil pemain dari akademi dan Liga 2. Tidak ada pengalaman di kancah Asia. Tapi, penampilan tim kami malam ini (tadi malam) sangat luar biasa dan patut diapresiasi,’’ tegasnya.

Setelah ini, PSM akan menghadapi Tampines Rovers. Kemenangan akan membuat kans mereka lolos ke babak selanjutnya terbuka lebar. Masalahnya, tim asal Singapura itu lebih diunggulkan. Tavares tidak menampik hal itu.

Ada beberapa faktor yang membuat Tampines Rovers lebih dijagokan. Pertama, Tampines Rovers punya materi pemain yang lebih mentereng.

Lalu, soal recovery pemain. ’’Tim lawan (Tampines Rovers) punya waktu yang lebih banyak untuk persiapan. Sementara kami hanya punya waktu dua hari untuk melawan mereka. Tentu saja waktu dua hari sangat tidak ideal,’’ keluh pengganti Joop Gall tersebut.

Karena itu, Tavares tidak berani mematok target tinggi. ’’Dengan waktu yang mepet, kami butuh keajaiban untuk bisa menang,’’ tambahnya.

Tavares pun berharap ke depan ada solusi soal jadwal. Sebab, dia menyebut jadwal PSM saat ini tidak masuk akal. Apalagi, setelah melawan Tampines Rovers (27/6), Juku Eja akan langsung menghadapi Persib Bandung di Piala Presiden 2022 pada 3 Juli mendatang.

’’Kami ini pemain, bukan mesin. Kami tidak tahu apakah setelah ini akan ada pemain yang cedera. Kami akan lihat kondisinya,’’ tandas Tavares.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini: