alexametrics
Piala Presiden 2022

Barito Putera Berpeluang jadi Klub Pertama yang Lolos dari Grup B

25 Juni 2022, 11:39:07 WIB

JawaPos.com-Belum ada wakil grup B yang memastikan lolos ke perempat final Piala Presiden 2022. Barito Putera berpeluang jadi klub pertama yang menyegel slot tersebut. Syaratnya, mereka harus menang kala menghadapi Madura United di Stadion Segiri, Samarinda, sore nanti (kickoff pukul 16.00 WIB).

Kemenangan akan membuat Barito Putera mengoleksi 8 poin. Torehan itu hanya bisa dikejar Borneo FC Samarinda dan RANS Nusantara FC. Tapi, dua tim tersebut akan saling jegal di laga pemungkas. Karena itu, pelatih Barito Putera Dejan Antonic memastikan pasukannya akan tampil habis-habisan.

’’Saya tidak bisa jamin tim akan lolos. Tapi, saya jamin anak-anak akan kerja keras untuk meraih kemenangan,’’ tegas Dejan.

Masalahnya, Barito Putera bakal tampil pincang. Dua pemain utamanya absen. Lutfi Kamal dan Frank Sokoy menepi akibat akumulasi. Belum lagi waktu recovery yang sangat terbatas.

Madura United punya waktu istirahat selama sepekan. Sedangkan Barito Putera bermain empat laga dalam 11 hari. Dejan tidak menampik bahwa kondisi anak asuhnya kurang ideal.

’’Pasti akan berat untuk pemain. Tidak ada istirahat. Tapi, kami ingin maksimal dan lolos ke babak selanjutnya,’’ ucap Dejan.

Memang Madura United belum pernah menang dalam dua laga. Tapi, sebagai mantan pelatih, Dejan tahu karakter Laskar Sape Kerrap –julukan Madura United. Karena itu, dia tidak mau sesumbar.

Madura United memang punya keinginan yang kuat untuk menang. Bukan demi menjegal hasrat Barito Putera ke babak perempat final, melainkan lebih karena tim memang butuh tiga angka untuk mengerek mental pemain.

’’Piala Presiden ini bukan target kami. Tapi, ada beberapa pihak yang ingin kami meraih hasil bagus dengan instan. Semua butuh proses, tapi kami juga butuh menang untuk pembuktian,’’ jelas pelatih Madura United Fabio Lefundes.

Yang jadi masalah, Madura United masih mandul. Dalam dua laga, mereka belum mencetak gol. Alberto ’’Beto’’ Goncalves dan Selwan Al-Jaberi belum tampil maksimal. Lefundes tidak membantah kalau performa lini depan belum membaik.

’’Bahkan, kami sudah membahas masalah itu dalam meeting. Kami melihat tim belum bisa menciptakan skema serangan yang bagus untuk mencetak gol,’’ ungkap mantan pelatih Jeonbuk Hyundai itu.

Dia tidak mau anak asuhnya memikirkan performa lini depan yang belum sempurna. Pelatih asal Brasil tersebut meminta anak asuhnya tampil nothing to lose. Sebab, skema serangan selalu diasah selama latihan.

’’Karena itu, saya yakin performa lini depan akan membaik dengan sendirinya. Tapi tentu itu semua butuh waktu. Harus step-by-step,’’ ucap Lefundes.

Perkiraan Pemain
Barito Putera (4-3-3): 33-Joko Ribowo (g); 66-Bagas Kaffa, 36-Renan Alves, 4-Muhammad Helmi, 14-Nazar Nurzaidin; 71-Lutfi Kamal, 13-Bayu Pradana, 22-Ryota Noma; 26-Rizky Pora (c), 9-Rafael Silva, 11-Rafinha
Pelatih: Dejan Antonic

Madura United (4-2-3-1): 21-Rendy Oscario (g); 13-Dodi Alexvan, 4-Cleberson, 23-Kadek Raditya, 3-Reva Adi; 77-Malik Risaldi, 10-Slamet Nurcahyo (c); 8-Esteban Vizcarra, 11-Lulinha, 50-Hugo Gomes; 9-Alberto Goncalves
Pelatih: Fabio Lefundes

Venue: Stadion Segiri, Samarinda
Kickoff: Pukul 16.00 WIB

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini: