alexametrics
Liga 2 2019

Masih Blitar United, Belum Persib B atau Bandung United

25 Juni 2019, 11:39:09 WIB

JawaPos.com – Ada yang aneh dengan jersey Blitar United ketika dijamu PSCS Cilacap di Stadion Wijaya Kusuma Minggu (23/6). Di jersey mereka, tidak ada logo terpampang. Yang ada hanya plester yang menutup logo di dada kanan jersey tersebut.

Penutupan dengan plester itu bukan tanpa alasan. Di jersey yang dikenakan Aang Suparman dkk, terpampang logo Persib B alias Bandung United. Nama yang bakal dipakai setelah mengakuisisi Blitar United.

Legalitas nama tersebut belum selesai. Karena itu, Blitar United terpaksa menutup logo dengan plester. ’’Kami memahami soal legalitas nama klub. Tidak ada masalah. Itu kan hanya nama,’’ terangnya.

Yang jadi masalah, beberapa ofisial pada pertandingan tersebut sudah memakai jaket bertulisan Bandung United. Padahal, di papan skor ataupun daftar susunan pemain, masih tertulis Blitar United. Bahkan, di data PT LIB, operator Liga 2, nama Blitar United harus dipakai untuk kompetisi Liga 2 musim ini.
Plt Sekjen BOPI Sandi Suwardi Hasan angkat bicara. Dia mengatakan sudah berkoordinasi dengan PSSI. ’’PSSI sudah bilang kalau masih pakai Blitar United. Nama Bandung United atau Persib B baru disahkan dalam Kongres PSSI,’’ tegasnya.

Bahkan, dia mempertanyakan tindakan manajemen Blitar United yang berani memakai logo Bandung United di jersey mereka. Hal tersebut tentu menyalahi aturan. Sebab, sejauh ini LIB sama sekali belum memutuskan bahwa Persib B atau nama lainnya. ’’Dari draf jadwal yang saya punya dari LIB, masih pakai Blitar United. Jadi, saya harap tidak ada masalah lagi ya,’’ ucapnya.
Manajer Kompetisi LIB Asep Saputra mengatakan, nama Blitar United wajib dipakai. ’’Sampai saat ini belum ada perubahan ya,’’ ungkapnya.
Kasus Blitar United berbeda dengan yang dialami Aceh United dan Bogor FC. Nasib kedua tim memang hampir sama dengan Blitar United. Hanya, keduanya sudah legal.

Aceh United, misalnya, sudah diakuisisi Babel United. Sementara itu, Bogor FC sudah diambil alih oleh Sulut United FC. ’’Oleh PSSI keduanya tetap harus ada nama lama. Tapi, boleh pakai nama komersil. Artinya, boleh memakai nama Babel United dan Sulut United FC,’’ jelasnya.

Asep menuturkan, posisi LIB sesuai dengan surat dari PSSI. Jadi, federasilah yang jadi penentu bisa tidaknya Blitar United memakai nama Bandung United di Liga 2 musim ini. ’’Surat dari PSSI jadi pegangan kami. Kan yang bertanding anggota PSSI. Jadi, apa kata federasi,’’ ucapnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Rid/ali



Close Ads