alexametrics
Liga 1 2020

PT LIB Tak Tahu Ada Virtual Meeting, APPI Minta Klub Dilibatkan

25 Maret 2020, 16:30:03 WIB

JawaPos.com – Virtual meeting yang dilakukan 10 klub Liga 1 pada Minggu (22/3) ternyata tidak diberitahukan kepada PT LIB. Artinya, diskusi yang dilakukan bersifat internal. Hal tersebut dikatakan Public and Relation Manager LIB Hanif Marjuni kepada Jawa Pos kemarin (24/3).

Dia menyatakan, pihaknya sama sekali tidak tahu-menahu soal virtual meeting tersebut. Juga terkait adanya empat poin kesepakatan. ’’Kami hanya menerima saran mereka dari surat edaran yang kami kirim. Itu saja. Mengenai virtual meeting, LIB tidak tahu,’’ ucapnya.

Menurut Hanif, LIB saat ini masih memproses saran-saran dari klub yang sudah dikirimkan. Masih menggodok dan mencari jalan keluar terbaik agar semua pihak bisa menerima keputusan yang akan diambil. ’’Tapi, kami juga harus berdiskusi dengan beberapa pihak lain, yakni PSSI,’’ ucapnya.

Sebab, keputusan yang nanti keluar harus melalui banyak pertimbangan. ’’Kami juga butuh tanggapan pemerintah. Banyak faktor yang jadi pertimbangan,’’ ungkapnya.

Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) ikut angkat bicara mengenai hal tersebut. Melalui kuasa hukumnya, Riza Hufaida, APPI berharap LIB sadar, ketika mengambil keputusan, klub wajib dilibatkan.

Menurut dia, keputusan yang keluar bakal berdampak pada banyak faktor. Bukan hanya finansial klub, melainkan juga pemain. Jika kompetisi berhenti, misalnya, pemain pasti akan kebingungan ke mana harus mencari nafkah.Riza menambahkan, APPI saat ini berupaya melakukan pertemuan dengan LIB dan PSSI. Dari hasil pertemuan itu, akan jelas langkah-langkah seperti apa yang ditempuh terkait Liga 1 2020. Termasuk dari sisi hukum.

Yang jadi masalah, dalam kontrak pemain Liga 1 musim ini, tidak ada standar yang menjelaskan soal force majeure. Ini tentu jadi masalah. Sebab, pemain tidak punya pegangan ketika nanti klub memutus kontrak di tengah jalan. ’’Namun, kalau belum tercantum, kami bisa merujuk ke aturan lebih tinggi. Kalau terjadi hal yang tidak terduga di luar kemampuan manusia,’’ terangnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads