alexametrics

Isi Laptop, Buku Rekening, dan Ponsel Jadi Fokus Penyidikan Jokdri

25 Maret 2019, 12:34:27 WIB

JawaPos.com – Pengacara Eks Pelaksana Tugas Ketum PSSI, Joko Driyono, Andru Bimaseta menjelaskan bahwa kliennya itu diperiksa atas kasus memasuki garis polisi serta dugaan perusakan barang bukti yang sedang dalam pengawasan polisi. Sehingga, barang bukti yang disita aparat jadi fokus penyidikan Satgas Antimafia Bola.

Andru mengatakan, pemeriksaan kali ini bukan pemeriksaan terakhir. Menurutnya kliennya itu siap memenuhi pemanggilan untuk melanjutkan kelengkapan berkas penyidikan. Dia pun menegaskan, pemeriksaan Joko yang berkali-kali itu materinya masih seputar barang bukti dalam penjagaan polisi.

“Jadi, (barang bukti) dari penggeledahan di Kantor Komdis PSSI dan PT Liga di Rasuna office park lalu. Setelah dilakukan penggeledahan ternyata ada dugaan tindak pidana. Kemudian, Pak Joko mengambil barang bukti yang diberi garis polisi itu. Apakah barbuk terkait pengaturan skor atau bukan, kami belum bisa bilang ke situ,” ujarnya di Polda Metro Jaya, Senin (24/3).

Barang bukti yang ditanyakan penyidik kepada Joko Driyono di antaranya buku rekening, laptop dan telepon seluler. Andru mengatakan, barang bukti itu ditanyakan penyidik kepasa Joko Driyono saat BAP. Dan pertanyaan itu sudah dilakukan beberapakali kali.

“Itu total pertanyaanya, kalau dirinci satu per satu itu ada ratusan pertanyaannya kepada Pak Joko,” kata Andru.

Sebagai informasi, Joko Driyono sudah ditetapkan menjadi tersangka sejak Kamis 14 Februari lalu. Hingga saat ini penyidik belum melakukan penahanan terhadap Joko Driyono atas kasus penghancuran barang bukti itu.

Jokdri terancam dijerat dengan pasal berlapis. Dia disangkakan melanggar Pasal 363 yang terkait pencurian dan pemberatan serta Pasal 232 tentang perusakan pemberitahuan dan penyegelan.

Selanjutnya, Pasal 233 tentang perusakan barang bukti dan Pasal 235 KUHP terkait perintah palsu untuk melakukan tindak pidana yang disebutkan di Pasal 232 dan Pasal 233.

Pasal-pasal tersebut pada intinya mengenai tindakan pencurian dengan pemberatan atau perusakan barang bukti yang telah terpasang garis polisi.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Isi Laptop, Buku Rekening, dan Ponsel Jadi Fokus Penyidikan Jokdri