Pasca Marselino Ferdinan, Alta Ballah Kabarnya akan Menyusul ke Eropa

25 Januari 2023, 09:58:36 WIB

JawaPos.com-Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso harus putar otak lagi. Green Force kembali bermain tidak full team ketika dijamu Madura United pada 29 Januari nanti.

Marselino Ferdinan yang pamit untuk berkarier di luar negeri menyisakan lubang menganga di lini tengah.

Tentu bukan pekerjaan mudah bagi Aji untuk mencari pengganti pemain 18 tahun itu. Sebab, tiap kali Marselino bermain, Persebaya selalu tampil luar biasa. Misalnya dalam dua pertandingan terakhir.

Selain membantu mencetak gol, kreativitasnya membuat lini tengah Persebaya sangat dinamis dalam memainkan bola. Lebih berani mengandalkan umpan-umpan pendek cepat.

Juga lebih berani melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Aji memahami hal itu. Dia juga sudah ikhlas dengan kepergian sang wonderkid.

’’Sebelum lawan Bhayangkara FC (23/1), saya sudah bicara empat mata dengan Marselino. Sudah persiapkan semuanya,’’ tuturnya.

Pria asal Malang itu menegaskan filosofinya tidak pernah bergantung pada satu dua pemain. Dia lebih mengandalkan kolektivitas dibandingkan individu pemain.
Nama-nama seperti Rizky Dwiyan, Brylian Aldama, hingga M. Hidayat sudah disiapkan.

Juga masih ada M. Iqbal, pemain yang baru bergabung di putaran kedua. Aji punya banyak opsi untuk pengganti Marselino.

Nah, kabar terbaru, Alta Ballah dalam waktu dekat juga dikabarkan akan menyusul Marselino ke luar negeri. Dia dikabarkan lolos trial di salah satu klub Spanyol. ’’Belum. Belum dibahas soal itu (Alta ke luar negeri). Dia masih bersama Persebaya,’’ terang Aji.

Sementara itu, kemarin (24/1) Marselino sudah bertolak ke Jakarta untuk bertemu agennya, Dusan Bogdanovic. Dia akan berangkat ke Belgia hari ini untuk menjalani trial di beberapa klub.

’’Di sana ada beberapa tim yang minat ke Marselino,’’ ungkap kakak Marselino yang juga pemain PSIS Semarang Oktafianus Fernando ketika dihubungi Jawa Pos kemarin (24/1).

Dia tidak mau berkomentar banyak soal kepindahan adiknya. Lagi pula, soal tim mana saja yang berminat, sebagai kakak, Ovan –sapaannya– juga tidak diberi tahu oleh Dusan. ’’Masih rahasia agensi,’’ ucapnya.

Sumber Jawa Pos menyebut Marselino tidak akan sendirian ketika berkarier di luar negeri. Keluarganya, khususnya sang ibu, akan menemani Marselino. Akan jadi pendamping agar proses adaptasinya lebih baik.

Tapi, untuk saat ini, Marselino hanya berangkat bersama Dusan. Marselino juga tidak akan lama di Belgia, karena masih ada agenda timnas Indonesia. Yakni, Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20. ’’Nanti kalau sudah deal, baru keluarganya menyusul ke sana,’’ tegas sumber tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads