Lawan PSM, Thomas Doll Soroti Efektivitas Persija dalam Menyerang

25 Januari 2023, 09:35:21 WIB

JawaPos.com-Sejak era Liga 1 bergulir pada 2017, Persija Jakarta dan PSM Makassar sudah bertemu sepuluh kali dalam berbagai ajang.

Dan, Macan Kemayoran –julukan Persija– mendominasi pertemuan. Perinciannya, Persija empat kali mengalahkan Ayam Jantan dari Timur –julukan PSM). Sisanya berakhir dengan dua kekalahan dan empat hasil imbang.

Tapi, bagi Thomas Doll, pelatih Persija, sepak bola bukan hanya head-to-head. Kekuatan Juku Eja saat ini tidak bisa diukur dari hasil pertemuan kedua tim pada masa lalu.

Justru, pelatih asal Jerman tersebut meminta para pemainnya untuk waspada. Sebab, PSM sangat sulit dikalahkan.

Musim ini, Juku Eja menjadi satu-satunya tim yang paling sedikit menelan kekalahan. Dalam 19 pertandingan, PSM baru sekali kalah. Selain itu, gawang juara Piala Indonesia 2019 tersebut sulit sekali dibobol. Mereka baru kebobolan 12 kali.

Capaian itu juga membuat PSM menjadi tim yang paling sedikit kebobolan.
Kuatnya organisasi pertahanan PSM berbanding terbalik dengan lini depan Macan Kemayoran.

Doll sedang menyoroti efektivitas Persija dalam menyerang. Dalam pertandingan terakhir melawan Persis Solo, tim ibu kota sangat agresif dalam menyerang. Total ada 24 percobaan tembakan. Tapi, tidak ada satu pun peluang yang berbuah gol. Justru, Macan Kemayoran harus menyerah 0-1 oleh Laskar Sambernyawa.

Karena itu, cara membongkar pertahanan PSM menjadi menu latihan yang terus diasah Doll. Dia berharap lini depan timnya lebih baik saat kedua tim bertanding sore ini di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat (live Indosiar pukul 15.30 WIB).

Apalagi, dalam pertandingan hari ini, Persija sudah diperkuat Abdulla Yusuf Helal. Dia sebelumnya absen dalam empat pertandingan karena memperkuat tim nasional Bahrain dalam ajang Piala Teluk Arab 2023.

Sore ini, Doll juga bisa leluasa meracik strategi terbaik. Sebab, selain Yusuf, mantan pelatih Borussia Dortmund itu bisa kembali memainkan Hanno Behrens. Pesepak bola asal Jerman tersebut telah melewatkan dua pertandingan terakhir karena sakit.

”Sekarang semua pemain berada dalam kondisi bagus. Ini membuat saya bisa membuat rencana yang bagus untuk pertandingan besok (hari ini, Red). Kami akan berusaha memenangi pertandingan,” ujar mantan pemain Lazio tersebut kemarin.

Untuk bisa memenangi pertandingan, Persija tidak hanya harus bisa mencetak gol. Tapi, juga harus bisa untuk tidak kebobolan. Misi itu akan coba diwujudkan Hansamu Yama Pranata, center back Persija.

Dia menyadari gawang Persija kini mudah sekali dibobol tim lawan. Padahal, Persija pernah menjadi tim yang sulit dijebol lawan.

”Sebelum ada tragedi (Kanjuruhan), kami bisa menjaga konsistensi. Tapi, setelah ada kejadian itu, kami jadi agak kurang fokus. Besok (hari ini) adalah pertandingan yang penting. Kami akan coba mengembalikan konsistensi,” tegas mantan center back Bhayangkara FC tersebut.

Di sisi lain, Bernardo Tavares, pelatih PSM, menilai pertandingan hari ini akan berjalan menarik. PSM datang dengan kekuatan terbaik. Lalu, Persija dengan kekuatan lengkap akan mendapatkan support penuh dari para pendukungnya.

Dalam pertandingan besar hari ini, pelatih asal Portugal itu berharap wasit bisa memimpin dengan fair. ”Ini harus menjadi pertandingan sebelas lawan sebelas,” ucapnya.

Winger PSM Yakob Sayuri tidak mau pulang ke Makassar dengan tangan hampa. Karena itu, rekor PSM sebagai tim yang paling sedikit kalah akan coba dipertahankan. ”Kami akan bekerja keras supaya bisa mendapatkan tiga poin,” ucap Yakob.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads