15 Klub Minta Liga 2 Tetap Lanjut, Berikut Rinciannya

25 Januari 2023, 12:18:36 WIB

JawaPos.com – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) kemarin mengadakan pertemuan dengan para perwakilan klub Liga 2 di Hotel Sultan, Jakarta. Pertemuan yang digelar hampir tujuh jam itu berlangsung alot. Sebab, federasi, operator kompetisi, dan klub memiliki pandangan yang berbeda soal lanjutan kompetisi sepak bola strata kedua tersebut.

Manajer Persipura Jayapura Yan Mandenas menuturkan, suara ke-28 klub Liga 2 terpecah. Ada yang menginginkan kompetisi lanjut. Ada pula yang menginginkan Liga 2, seperti keputusan PSSI, diberhentikan.

“Yang menginginkan lanjut ada 15 klub,” ujar anggota DPR RI itu.

Yan memerinci 15 klub yang ingin kompetisi dilanjutkan. Yakni, Persipura Jayapura, FC Bekasi City, Gresik United, Persewar Waropen, Persela Lamongan, Persiba Balikpapan, dan Persijap Jepara. Ada juga Persipal Palu, PSMS Medan, Sulut United, Semen Padang, PSIM Jogjakarta, PSCS Cilacap, Karo United, dan Nusantara United FC.

“Nusantara FC mau lanjut dengan catatan, sedangkan PSBS Biak tidak memilih tapi memberikan catatan. Sriwijaya FC dan Persiraja Banda Aceh tidak datang. Jadi, tidak bisa memberikan pendapat,” tegas Yan.

Sementara itu, lanjut Yan, ada sembilan klub yang menolak. Yakni, Persipa Pati, Kalteng Putra, PSKC Cimahi, PSDS Deli Serdang, Putra Delta Sidoarjo, Persikab Kabupaten Bandung, PSPS Pekanbaru, Persekat Tegal, dan Deltras FC.

Yan menerangkan, keinginan mayoritas klub untuk melanjutkan Liga 2 sekaligus menggugurkan hasil rapat Exco PSSI. Pada 12 Januari lalu, rapat exco memutuskan Liga 2 dihentikan. “Mayoritas klub setuju liga tidak dihentikan. Tapi, ditunda sampai pengurus baru PSSI terpilih. Nanti mereka yang akan menyelesaikan lanjutan Liga 2,” jelas Yan.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus sudah merangkum semua keinginan klub. Namun, sebagai operator, LIB tak bisa membuat keputusan. Keputusan ada di tangan PSSI. “Nanti PSSI yang akan merumuskan, entah seperti apa rumusannya. Jadi, kalau Liga 2 dilanjutkan, PSSI akan menentukan formatnya,” ungkapnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fiq/c18/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads