alexametrics
Pramusim Liga 1 2020

Persebaya Hadapi Sabah FA yang Dilatih Kurniawan DY pada 8 Februari

25 Januari 2020, 07:30:55 WIB

JawaPos.com – Pemusatan latihan Persebaya Surabaya di Jogjakarta berakhir hari ini (25/1). Dengan berakhirnya pemusatan latihan di Kota Gudeg, menu latihan pun bakal bergeser. Dari menu latihan fisik ke taktik. Persebaya juga sudah merancang pertandingan uji coba sebelum menatap kompetisi Liga 1 musim 2020 yang dimulai 29 Februari.

”Setelah pulang dari Jogja besok (hari ini, Red), kami merencanakan tiga sampai empat kali uji coba,” kata pelatih Persebaya Aji Santoso kepada Jawa Pos kemarin (24/1). Dari rencana tersebut, ada satu pertandingan uji coba yang sudah dipastikan tanggal dan lawannya. ”Satu yang sudah pasti adalah melawan Sabah FC Malaysia. Rencananya, pertandingan digelar pada 8 Februari,” ungkap Aji.

Persebaya Surabaya

Uji coba dengan kesebelasan besutan Kurniawan Dwi Yulianto tersebut bakal berlangsung di Surabaya. Pertandingan itu juga dirancang sebagai launching tim alias perkenalan skuad Persebaya musim 2020 kepada khalayak secara resmi.

Sebelum melakoni uji coba melawan Sabah FC, jajaran pelatih Persebaya menjadwalkan satu laga uji coba terlebih dahulu. ”Kami akan uji coba dulu dengan tim lokal,” sebutnya. Tim lokal yang dimaksud mantan pelatih Persela Lamongan itu adalah tim dari kompetisi internal Persebaya. Pilihan tersebut merupakan pemanasan. Juga sebagai pelepas dari penatnya latihan fisik selama di Jogjakarta.

Barulah saat uji coba dengan Sabah FC, Persebaya akan memainkan komposisi yang menjadi bayangan tim untuk mengarungi kompetisi Liga 1. Dari pertandingan tersebut, Green Force –julukan Persebaya– ingin melihat kelebihan dan kekurangan tim secara utuh. Juga chemistry antar pemain.

Dengan begitu, Persebaya bisa memperbaiki apa yang kurang sebelum benar-benar terjun ke kompetisi. Perbaikan itu bakal dilihat dari uji coba berikutnya. ”Jarak dari tanggal 8 Februari ke 29 Februari kan masih cukup panjang. Di sela itu kami rencanakan dua kali uji coba lagi,” terang Aji.

Sementara itu, hingga saat ini Persebaya masih menanti kejelasan status Abduh Lestaluhu dan Angga Saputro. Sebab, hingga kini belum ada kepastian yang didapatkan manajemen Persebaya. Tira Persikabo masih mengklaim tetap mempertahankan keduanya.

”Sampai saat ini belum ada kabar signifikan tentang keduanya. Saya sih berharap PT LIB (Liga Indonesia Baru) nanti konsisten dengan pernyataan mereka sebelumnya,” ujar Aji.

Sebelumnya PT LIB menyebut akan melihat terlebih dahulu kontrak Angga dan Abduh. Siapa yang lebih dulu mengikat kontrak keduanya, PT LIB akan memutuskan klub itulah yang berhak memiliki Abduh dan Angga.

Awal Januari lalu Angga dan Abduh diklaim Persebaya telah meneken kontrak dengan tim asal Kota Pahlawan tersebut. Namun, pertengahan Januari Persikabo mengklaim bahwa dua pemain itu menjadi miliknya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads