alexametrics

Persebaya vs Persita: Awas Lengah di Menit Akhir

24 November 2021, 13:19:33 WIB

JawaPos.com – Sudah enam laga dilalui Persebaya Surabaya tanpa kekalahan. Tim berjuluk Green Force tersebut meraih empat kemenangan dan dua hasil imbang. Rabu (24/11) konsistensi catatan positif Persebaya itu akan diuji Persita Tangerang (live Indosiar pukul 18.00 WIB).

Bagi pelatih Persebaya Aji Santoso, itu bukan perkara mudah. Sejak format Liga 1 bergulir musim 2017, Aji sudah dua kali bertemu dengan Widodo Cahyono Putro yang kini membesut Persita. Tepatnya pada musim 2018. Saat itu Aji menukangi Persela Lamongan, sedangkan Widodo bersama Bali United. Hasilnya, Aji belum pernah menang dengan catatan sekali kalah dan sekali imbang.

Aji menyadari bahwa tim yang ditangani Widodo cukup berbahaya. ”Mereka (Persita) punya serangan yang bagus. Penampilan mereka agresif sampai menit akhir,” tutur pelatih 51 tahun tersebut.

Ucapan Aji itu memang benar. Dari 17 gol yang dicetak Persita, lima di antaranya lahir di atas menit ke-80. ”Makanya, saya meminta pemain untuk fokus sampai akhir laga. Jangan sampai itu (kebobolan menit akhir, Red) terjadi pada Persebaya,” imbuhnya.

Aji juga melihat Persita tengah dalam semangat tinggi. Tim berjuluk Pendekar Cisadane tersebut selalu menang dalam dua laga terakhir. Itu merupakan faktor kedua yang bisa menjegal tren positif Persebaya.

”Persita tetap bermain bagus meski mereka tidak bisa memainkan Alex (Goncalves). Mereka cukup tajam meski tanpa striker asing. Kami harus benar-benar fokus,” jelas pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang, tersebut. Tanpa Alex, Persita mampu mencetak enam gol dalam empat laga.

Namun, Widodo tidak lantas jemawa dengan kondisi timnya. Dia meminta seluruh pemainnya tetap merendah. ”Jangan sampai tim ini malah overkonfiden,” tutur mantan penyerang Petrokimia Putra Gresik tersebut.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (gus/c9/fal)



Close Ads