alexametrics

Ketajaman David da Silva Tiba-Tiba Anjlok

24 Oktober 2019, 12:48:32 WIB

JawaPos.com-Tidak ada yang meragukan kualitas Alex Dos Santos dan David da Silva. Keduanya merupakan ujung tombak di klub masing-masing. Alex bersama Persela, Da Silva dengan Persebaya.

Sayang, performa dua pemain asal Brasil itu sedang melorot. Alex sudah paceklik gol dalam enam laga terakhir. Nasib Da Silva tak jauh beda. Pemain 30 tahun tersebut sudah absen membobol gawang lawan dalam lima laga terakhir.

Apa yang sebenarnya terjadi? Untuk Alex, pelatih Persela Nil Maizar juga bertanya-tanya. Dia ingin tahu kenapa performa top scorer sementara itu menurun. Catatan golnya mandek di angka 16. Kini hanya terpaut satu gol saja dari Marko Simic di posisi kedua. ”Ini jadi bahan evaluasi. Mungkin besok (hari ini, Red) saya bicara langsung sama dia (Alex),” jelas Nil Maizar.

Nil menilai, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi sebab anjloknya performa Alex. Salah satunya adalah kondisi fisik yang menurun. Sebab, selama tidak cedera atau akumulasi, pemain 29 tahun itu selalu jadi pilihan utama di lini depan. ”Ditambah lagi masa recovery training yang cukup singkat,” kata pelatih 49 tahun tersebut.

Sementara itu, untuk Da Silva, ketajamannya tak seperti musim lalu. Di Liga 1 2018, pemain berkepala plontos tersebut mencetak 20 gol. Sementara itu, dalam tujuh laga musim ini, Da Silva baru mengemas dua gol.

Soal itu, Pikal menilai Da Silva belum menemukan bentuk terbaiknya. ”Performanya belum seperti musim lalu. Mungkin dia butuh mencetak gol agar bisa bangkit lagi,” terang pelatih berdarah Austria itu.

Padahal, dalam laga kemarin, dua pemain tersebut punya peluang emas. Alex bahkan melepaskan enam tembakan ke gawang Persebaya. Tapi, tak satu pun berbuah gol. Sedangkan Da Silva melepaskan dua tembakan.

Soal Da Silva yang tak mencetak gol, Nil memang sudah siap mematikan pemain bernomor punggung 7 itu. ”Dia (Da Silva) pemain yang berbahaya. Jadi, ada instruksi khusus untuk mengawalnya,” kata Nil.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c10/bas



Close Ads