alexametrics
Liga 1 2019

Persebaya vs Persija: Pantang Tumbang Meski Pincang

24 Agustus 2019, 12:00:17 WIB

JawaPos.com – Tugas Bejo Sugiantoro sebagai karteker Persebaya Surabaya terbilang sangat berat. Setelah melawan sang rival Arema FC (20/8), Green Force -julukan Persebaya- harus menghadapi satu tim rival lagi. Mereka akan menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (live Indosiar pukul 15.30 WIB). 

Bejo jelas tak ingin meraih hasil minor setiap kali bersua tim rival. Sebelumnya, Green Force memang digulung empat gol tanpa balas oleh Arema FC (15/8). Kemenangan menjadi target utama dalam laga kontra Macan Kemayoran -julukan Persija-. “Ini laga yang sangat penting. Rivalitas tetap ada, saya berharap hasilnya bisa enak diceritakan,” kata pelatih 42 tahun itu.

Persebaya Surabaya

Masalahnya, Persebaya bakal tampil pincang. Lima pemain dipastikan absen. Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto akumulasi kartu. Sementara Hansamu Yama, Otavio Dutra dan Irfan Jaya masuk dalam skuad timnas. Kondisi yang membuat Bejo harus memutar otak. Sebab, lima pemain itu sering menjadi pilihan utama di Liga 1 musim ini.

Kondisi yang cukup riskan. Sebab, posisi bek tengah tinggal menyisakan Andri Muliadi dan M. Syaifuddin. Padahal, performa striker Persija Marko Simic tengah garang. Bayangkan, dari 15 gol Persija di Liga 1 musim ini, 12 di antaranya dicetak oleh Simic.

Absennya lima pemain itu juga tak membuat Damian Lizio dan Amido Balde digaransi masuk starter. Padahal, di laga pemungkas kontra Badak Lampung (20/8), keduanya tak diturunkan. “Entah diturunkan atau tidak, Balde dan Lizio tetap bagian dari tim,” kata Bejo.

Di sisi lain, Macan Kemayoran hanya minus tiga pemain. Kiper Andritany Adhiyasa dipanggil timnas, lalu Yogi Rahadian dan Fitra Ridwan yang tengah cedera. Bejo sadar dengan kondisi timnya tidak ideal. Tapi, dia tetap siap. “Saya tidak bisa menghindar. Ini tantangan bagi saya dan juga para pemain. Saya yakin siapapun pemain yang turun akan memberikan kemampuan terbaik,” tambah Bejo.

Untungnya, untuk posisi winger stok masih cukup melimpah. Itu setelah M. Supriadi sudah bergabung dalam skuad. Pemain 17 tahun itu bahkan ikut dalam sesi official training (OT) di stadion GBT kemarin pagi. Bejo menggaransi Supriadi akan masuk line up. “Tapi untuk sebelas pemain di lapangan dan siapa di bangku cadangan, lihat saja besok (hari ini),” terang ayah Rachmat Irianto itu.

Gelandang M. Hidayat sependapat dengan sang pelatih. Meski ditinggal banyak pemain pilar, dia sama sekali tak khawatir. “Kami sesama pemain sudah percaya satu sama lain. Jadi siapapun yang diturunkan, pasti akan memberikan yang terbaik di lapangan,” terang pemain 23 tahun tersebut. Apalagi, dukungan Bonek dipastikan sangat masif. Sebab, 50 ribu tiket yang dicetak panpel sudah sold out.

Persija Jakarta

Nah, dukungan Bonek itulah yang membuat Persija tetap waspada. Meski, tuan rumah akan tampil tanpa skuad terbaik. Terlebih, pelatih Persija Julio Banuelos menganggap Green Force punya pemain pelapis yang oke. “Kekuatan mereka (Persebaya) cukup merata. Saya yakin siapapun penggantinya pasti tampil baik. Kami harus fokus,” kata pelatih asal Spanyol itu.

Banuelos juga ingin mengakhiri tren minor Persija saat bermain di Jawa Timur. Musim ini, sudah dua kali Macan Kemayoran away ke Jatim. Yakni, melawan Persela Lamongan (22/6) dan Madura United (16/8). Hasilnya, dalam dua laga itu Persija selalu meraih hasil imbang. Bahkan, saat menjamu Arema FC di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta (3/8), Persija juga hanya bermain imbang 2-2. “Target kami disetiap laga pasti untuk menang. Termasuk lawan Persebaya. Tapi sepakbola memang kadang sulit diprediksi,” tambah pengganti Ivan Kolev itu.

Kiper Persija Shahar Ginanjar sadar tidak mudah meraih poin di Surabaya. Apalagi, musim lalu, Persija digasak tiga gol tanpa balas di GBT pada 4 November 2018. Dalam laga itu, Shahar juga menjadi kiper utama. Meski punya kenangan pahit, mantan kiper PSM Makassar itu tetap pede. “Itu sudah berlalu. Setiap laga selalu jadi pembelajaran, saya siap untuk laga besok (hari ini),” kata Shahar.

 

Perkiraan pemain

Persebaya (4-3-3) : 33-Miswar Saputra (gk); 22-Abu Rizal Maulana, 29-M. Syaifuddin, 44-Andri Muliadi, 14-Ruben Sanadi (c); 12-Rendi Irwan, 96-M. Hidayat, 27-Fandi Eko Utomo; 17-Elisa Basna, 63-Manuchekhr Dzhalilov, 8-Oktafianus Fernando
Pelatih : Bejo Sugiantoro

Persija (4-2-3-1) : 88-Shahar Ginanjar (gk); 14-Ismed Sofyan (c), 6-Maman Abdurrahman, 4-Ryuji Utomo, 28-Rezaldi Hehanusa; 32-Rohit Chand, 45-Sandy Sute; 11-Novri Setiawan, 7-Ramdani Lestaluhu, 25-Riko Simanjuntak; 9-Marko Simic
Pelatih : Julio Banuelos

Stadion : Gelora Bung Tomo, Surabaya
Live Indosiar pukul 15.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads