alexametrics
Liga 1 2019

Haruna Soemitro: Saya Warning Dejan, Tapi Belum Pikirkan Ganti Pelatih

24 Juli 2019, 18:00:06 WIB

JawaPos.com – Berstatus tim bertabur bintang, tak salah jika ekspektasi tinggi disematkan kepada Madura United. Posisi penjaga gawang hingga ujung tombak di tim berjuluk Laskar Sape Kerrap itu dihuni nama-nama beken dan berkualitas. Berbanderol mahal, tentu saja. Tapi, prestasi belum juga bisa digapai.

Difavoritkan sebagai juara Piala Presiden 2019 dan Piala Indonesia, nyatanya Madura United kalah bersaing. Mereka terhenti pada babak delapan besar Piala Presiden 2018. Greg Nwokolo dkk juga kandas di semifinal Piala Indonesia. Yang menyesakkan, kegagalan terjadi di kandang sendiri.

Madura United

Gagal memboyong piala membuat manajemen Madura United gusar. Dalam kompetisi resmi, Liga 1, Madura United memang baru sekali menelan kekalahan saat takluk 0-1 oleh Persipura Jayapura (16/7). Namun, manajemen menilai masih banyak catatan pada performa Sape Kerrap.

Ketika unggul tipis 1-0 atas Arema FC (20/7), Madura bahkan lebih ditekan oleh tim tamu. Gol yang tercipta juga berasal dari set piece. ’’Sampai week kedelapan dan official game Madura ke-15, yang menonjol bukan kehebatan tim, tapi individual pemain. Terbukti dari gol-gol Madura yang mayoritas karena kehebatan individu pemain,” tutur Manajer Madura United Haruna Soemitro.

Manajemen enggan menyalahkan pemain, tapi secara terang-terangan kurang puas dengan kinerja tim pelatih. ’’Kalau pemain tidak adaptif dengan pola latihan pelatih, sepertinya tidak mungkin. Mereka sudah tujuh bulan bersama, waktu yang cukup bagi pemain selevel mereka untuk beradaptasi,” jelas mantan ketua Asprov PSSI Jatim itu. ”Mungkin pelatih yang kurang adaptif terhadap level pemain Madura sekarang,” imbuhnya.

Meski demikian, Haruna belum berniat mengganti pelatih. Pria yang juga pernah menjabat manajer Persebaya Surabaya tersebut masih menaruh harapan kepada Dejan Antonic untuk membenahi taktik Sape Kerrap.

”Sedikit-sedikit saya kasih warning ke pelatih agar fokus membenahi taktik dan teamwork Madura United. Kalau soal ganti, sepertinya tidak. Kami hanya kurang puas,” ujarnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia/ali


Close Ads