alexametrics

Indonesia Imbang, Shin Tae-yong: Lebih Baik Sekarang Datang Capeknya

23 Desember 2021, 18:55:09 WIB

JawaPos.com-Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 1-1 saat menghadapi Singapura pada semifinal leg pertama Piala AFF di Stadion Nasional tadi malam.

Timnas sempat unggul pada babak pertama melalui gol Witan Sulaeman (28’). Namun, striker Singapura Ikhsan Fandi membalasnya pada menit ke-70.

Pada laga tadi malam, Shin Tae-yong (STY) kembali memainkan tiga centre back seperti saat menghadapi Vietnam di laga ketiga grup B. Bedanya, penampilan tim fokus bertahan, tetapi lebih menyerang dan sama-sama bermain terbuka.

Di laga tersebut, Asnawi Mangkualam dkk mengalami penurunan performa. Setelah sempat bermain menyerang pada babak pertama, penampilan tim menurun sehingga dihukum oleh gol lawan di 45 menit kedua.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengaku tidak puas dengan hasil yang didapat. ’’Kami menduga juga ada saatnya capek sekali. Lebih baik sekarang datang capeknya sehingga bisa menyiapkan di partai berikutnya,’’ ungkapnya saat konferensi pers virtual pasca pertandingan.

Sebagaimana diketahui, Singapura memiliki waktu recovery sehari lebih panjang dibanding timnas. ’’Ya seperti yang tadi dibicarakan. Ini hari yang sulit bagi kami. Babak pertama dan kedua terlihat lelah, akhirnya membuat Singapura banyak menyerang,’’ ujarnya.

Namun, juru taktik asal Korea Selatan itu meminta pasukannya, terlebih fans, tidak khawatir. Sebab, masih ada waktu pemulihan untuk tampil habis-habisan di semifinal leg kedua.

’’Di dalam turnamen, ada saatnya sulit bagi kami. Jika beristirahat dan banyak diberi waktu recovery, pastinya kondisi pemain lebih baik,’’ paparnya.

Witan Sulaeman yang terpilih sebagai man of the match mengungkapkan, dalam pertandingan tadi malam, tim sudah tampil baik pada awal laga.

’’Kami melakukan penguasaan bola di babak pertama. Tapi, kami kehilangan fokus di babak kedua. Hasil ini tidak memuaskan bagi kami. Kami akan recovery dan bekerja keras di leg kedua nanti,’’ bebernya.

Pelatih Singapura Tatsuma Yoshida mengatakan, perubahan pada babak kedua menjadi salah satu kunci timnya bisa menyamakan kedudukan. Dia mengaku menginstruksi pemain bermain lebih menyerang yang akhirnya membuat tim lebih banyak mendapatkan peluang. Satu gol pun tercipta melalui Ikhsan. ’’Gol Ikhsan membuat kami bangkit,’’ bebernya.

Menurut dia, hasil imbang yang didapat memang tidak begitu bagus sebagai tim yang bermain di kandang sendiri. ’’Tapi, bukan hasil yang jelek juga,’’ sebutnya.

Yoshida mengakui kualitas lawan melebihi ekspektasinya. ’’Tim Indonesia punya kualitas bagus dan di luar ekspektasi kami. Kami harap bisa dapat hasil terbaik di second leg,’’ pungkasnya.

Hasil imbang tersebut membuat kedua tim masih memiliki peluang yang sama untuk lolos ke final. Leg kedua semifinal berlangsung pada 25 Desember mendatang.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads