alexametrics
Liga 1 2019

Trio Asing Persebaya Bakal Dipertahankan untuk Musim Depan

23 Desember 2019, 16:37:08 WIB

JawaPos.com – Aji Santoso memimpin sembilan pertandingan Persebaya Surabaya. Selama itu pelatih 49 tahun tersebut rajin melakukan rotasi. Namun, rotasi tak berlaku bagi tiga pemain asing Green Force –julukan Persebaya–.  Yaitu, duo Brasil, David da Silva dan Diogo Campos, serta gelandang asal Australia Aryn Williams. Jika tidak terkena akumulasi kartu atau cedera, tiga pemain tersebut selalu menjadi pilihan utama. Kondisi itu membuat kans tiga pemain asing untuk dipertahankan pada Liga 1 musim depan cukup besar.

Da Silva dipastikan bertahan. Sebab, striker berkepala plontos itu dikontrak hingga akhir musim depan. Apalagi, performa pemain 30 tahun tersebut sangat moncer. Dia mencetak 14 gol dalam 17 penampilan bersama Green Force di Liga 1. Statistik Campos juga tak kalah apik. Sebagai winger, dia mengemas 7 gol dalam 14 laga bersama Persebaya.

Persebaya Surabaya

Bagaimana Aryn? Perannya sebagai gelandang jangkar cukup sentral. Dia bahkan mampu menepikan M. Hidayat yang sejak awal musim sering menjadi pilihan utama. Total, dia bermain dalam 15 laga. Mencetak tiga gol, 26 intersep, dan 14 sapuan. ’’Saya jarang merotasi tiga pemain asing karena mereka bisa memberikan motivasi bagi pemain lokal. Selain itu, tidak ada stok pemain lagi. Kalau ada, pasti mereka saya rotasi,’’ kata Aji.

Karena itu, musim depan Aji berencana mendatangkan pemain pelapis yang sepadan. Terutama untuk posisi striker sebagai pelapis Da Silva. ’’Makanya, Da Silva juga nggak pernah saya ganti. Coba kalau ada pemain depan lainnya. Makanya untuk musim depan kami perlu (menambah pemain) biar stoknya cukup,’’ beber mantan bek kiri Persebaya tersebut.

Apalagi, Green Force punya peluang untuk tampil di AFC Cup 2020. Itu seiring dengan hasil imbang 2-2 yang diraih Persipura Jayapura kontra Borneo FC kemarin sore. Hasil tersebut membuat Persebaya finis sebagai runner-up dengan torehan 54 poin. Dengan kans tampil di kompetisi Asia, komposisi skuad memang harus ditambah.

Masalahnya, kepastian berlaga di AFC Cup 2020 bergantung kepada hasil Bali United. Juara Liga 1 musim 2019 tersebut harus lolos di kualifikasi Liga Champions Asia 2020. Jika lolos, slot tampil di AFC Cup 2020 menjadi milik Persebaya. Jika gagal, Bali United dipastikan akan berlaga di AFC Cup 2020 dan Persebaya kehilangan kesempatan berlaga di kompetisi Asia.

Meski begitu, Aji tak mau ambil pusing. Dia menyatakan sudah memiliki kerangka tim untuk musim depan. ’’Dalam sepak bola, setiap musim akan ada pemain baru dan yang akan out. Itu juga akan terjadi di Persebaya,’’ kata pelatih yang pernah menukangi Arema itu.

Tetapi, Aji memberikan sinyal bahwa tidak akan banyak pemain yang keluar. ’’Yang jelas, mayoritas pemain masih di sini (Persebaya),’’ tambahnya. 

Bek Rachmat ’’Rian’’ Irianto sadar akan hal itu. Rian mengatakan sudah merasa nyaman dengan komposisi pemain saat ini. ’’Apalagi, ada pemain yang berjuang sejak Liga 2 2017,’’ kata pemain 20 tahun itu. Meski demikian, sebagai pemain, Rian akan menghormati apa pun keputusan pelatih dan manajemen.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads