Komentar Indra Sjafri soal Kans 2 Pemain Naturalisasi Main di AFF Cup

23 November 2022, 12:03:51 WIB

JawaPos.com-PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana kembali menggulirkan kompetisi Liga 1 pada 2 Desember. Tapi, selama izin tertulis dari pemerintah belum keluar, berbagai situasi bisa saja terjadi. Yang terburuk, Liga 1 kembali meleset dari rencana PT LIB.

PSSI tengah menyiasati segala kemungkinan tersebut. Tujuannya, persiapan tim nasional Indonesia untuk AFF Cup 2022 tidak terganggu.

Untuk itu, salah satu langkah antisipasi adalah memajukan jadwal pemusatan latihan timnas. Awalnya, pemusatan latihan timnas untuk AFF Cup 2022 akan dimulai pada 4 Desember.

”Sekarang kami majukan menjadi 28 November. Lokasi pemusatan latihan tetap di Bali. Ini salah satu siasat kami. Sebab, tidak ada kompetisi tentu berpengaruh untuk timnas,” ujar Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri saat ditemui dalam acara launching Ice Cream Pilihan Lionel Messi di Jakarta Selatan kemarin sore.

PSSI juga sudah merilis daftar nama pemain yang bakal mengikuti pemusatan latihan di Bali. Pelatih Shin Tae-yong memanggil 28 nama. Dua di antaranya adalah pemain naturalisasi anyar, Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Indra menerangkan, keduanya memang masih menjalani proses kepindahan federasi. Jordi pindah dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) ke PSSI. Sementara itu, Sandy pindah dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI. Sampai kemarin, proses administrasinya belum tuntas.

”Hari ini (kemarin, Red) kami sudah mengirim orang ke FIFA. Yang baru diurus adalah Jordi Amat. Sandy menyusul besok (hari ini) atau lusa. Prosesnya dipisah karena paspor Jordi lebih dulu selesai,” jelas mantan pelatih tim nasional Indonesia U-19 tersebut.

Saat ini, Sandy dan Jordi sudah didaftarkan PSSI untuk AFF Cup 2022. Namun, kalau proses perpindahan federasi belum selesai sampai menjelang pertandingan AFF Cup, keduanya tidak bisa dimainkan. Meski, Sandy dan Jordi sudah berstatus warga negara Indonesia (WNI).

”Saya tidak bisa berandai-andai mengenai itu (peluang Jordi dan Sandy bisa main di AFF Cup). Saya selalu bekerja. Kalau sudah oke, baru saya bisa bilang oke,” tegas mantan pelatih Bali United tersebut.

Indra menambahkan, Elkan Baggott juga dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan di Bali. Saat ini, STY tengah berkomunikasi dengan Gillingham FC agar mengizinkan Elkan menjalani pemusatan latihan bersama timnas. Upaya itu ditempuh karena AFF Cup bukan agenda FIFA.

”Hari ini (kemarin) STY berangkat ke klubnya Elkan untuk mengadakan pendekatan. Elkan diminta mengatur jadwal. Mana tahu Elkan bisa dilepas,” terang Indra.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap timnas Indonesia bisa berbicara banyak pada ajang AFF Cup 2022. Apalagi, AFF Cup 2022 kembali menggunakan format lama: home-away.

Pada fase grup, ada dua pertandingan yang digelar di Indonesia. Yakni, pertandingan melawan Kamboja (23/12) dan Thailand (29/12). Dua pertandingan itu rencananya dimainkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat.

”Dengan materi pemain yang ada, kami optimistis bisa menjadi juara AFF Cup 2022,” ucap mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk TC Persiapan Piala AFF 2022

Penjaga Gawang
Nadeo Arga Winata (Bali United)
Muhammad Riyandi (Persis Solo)
Syahrul Trisna (Persikabo 1973)

Belakang
Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners)
Elkan Baggott (Gillingham FC)
Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim)
Sandy Walsh (KV Mechelen)
Fachruddin Aryanto (Madura United)
Rizky Ridho (Persebaya Surabaya)
Muhammad Ferarri (Persija Jakarta)
Pratama Arhan (Tokyo Verdy)
Hansamu Yama Pranata (Persija Jakarta)
Andy Setyo (Persikabo 1973)
Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC)

Tengah
Marc Klok (Persib Bandung)
Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta)
Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya)
Rachmat Irianto (Persib Bandung)
Ricky Kambuaya (Persib Bandung)
Dzaky Asraf (PSM Makassar)
Yakob Sayuri (PSM Makassar)
Witan Sulaeman (AS Trenčín)
Egy Maulana Vikri (ViOn Zlaté Moravce)
Saddil Ramdani (Sabah FC)

Depan
Dimas Drajad (Persikabo 1973)
Muhammad Rafli (Arema FC)
Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC)
Ramadhan Sananta (PSM Makassar)

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads