alexametrics

Jalan Menuju VAR Tak Lagi Bisa Ditawar

Antisipasi Keputusan Kontroversial Wasit
23 Oktober 2021, 10:56:16 WIB

JawaPos.com – Sudah bukan zamannya lagi sepak bola Indonesia terus-menerus bersembunyi di balik romantisme ”wasit juga manusia”.

Alat bantu teknologi harus digunakan untuk meminimalkan kesalahan pengambilan keputusan yang fatal oleh para pengadil lapangan.

Sebab, kalau tidak, dari pekan ke pekan, kesalahan-kesalahan konyol akan terus terjadi. Kalau kompetisi teratasnya saja demikian, bisa dibayangkan level-level bawahnya.

Misalnya, saat Persebaya Surabaya menjamu Persela Lamongan Kamis (21/10). Tembakan bebas Jose Wilkson yang lepas dari tangkapan kiper Dwi Kuswanto jelas telah melewati garis gawang. Seandainya teknologi garis gawang telah digunakan, sudah pasti itu akan menjadi gol dalam laga yang berkesudahan 1-1 tersebut.

Kalau sudah ada VAR (video assistant referee), gol penyerang Persija Marko Simic ke gawang Arema FC (17/10) tidak akan dianulir. Dan, kartu merah untuk penyerang Arema Kushedya Hari Yudo pada laga yang sama bisa jadi tidak diberikan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengakui bahwa kinerja wasit belum maksimal. ”Sehingga beberapa pertandingan kita lihat memang ada satu ganjalan yang tidak pas,” katanya dalam jumpa pers virtual kemarin.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : raf/rid/c19/ttg



Close Ads