alexametrics
Liga 1 2019

Persipura vs Persib: Ujian Konsistensi di Tangan Jacksen F. Tiago

23 September 2019, 13:25:33 WIB

JawaPos.com – Persipura Jayapura sempat terseok hingga terjerembab di zona merah. Namun, tim itu perlahan bangkit. Berkat tangan dingin pelatih Jacksen F. Tiago, tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut mulai menemukan performa terbaiknya.

Sejak ditangani Jacksen, Persipura berubah menjadi tim yang sulit ditaklukkan. Dari sepuluh laga yang dilakoni, tujuh di antaranya dimenangi dan dua laga berakhir imbang. Persipura hanya sekali menelan kekalahan. Itu terjadi saat kalah tipis 0-1 oleh Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Persipura Jayapura

Tampil sebagai tim musafir juga tidak membuat Persipura gentar. Bermarkas sementara di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, tak sedikit pun menciutkan mental pemain. Mereka sukses melibas Persela Lamongan dua gol tanpa balas (15/9).

Mutiara Hitam pun ingin mengulang hasil tersebut. Sekaligus memperpanjang catatan tak terkalahkan di tujuh pertandingan terakhir. Sore nanti giliran Persib Bandung yang menantang Persipura di Gelora Delta.

”Kami dalam kondisi baik. Tanpa gangguan meskipun jeda waktu untuk melakukan persiapan singkat,” terang Jacksen. ”Itu tidak jadi kendala. Karena sudah hampir tiga bulan saya bersama mereka. Bahkan, sebelumnya, saya pernah hampir enam tahun bersama mereka. Semoga bisa menjalankan pertandingan dengan baik. Kami bersyukur kalau diberkati dengan kemenangan,” imbuh dia.

Hanya, Jacksen masih sedikit buta akan kekuatan Persib di tangan pelatih Robert Rene Alberts. Pada putaran pertama lalu, saat Persipura keok 0-3 di kandang Persib, Jacksen masih menangani Barito Putera. Di Barito Putera, dia belum sempat bersua dengan Persib.

”Saya tidak tahu detailnya Persib sekarang. Tetapi, kami punya tim analisis yang memberikan beberapa informasi kepada tim pelatih,” ucap Jacksen.

Persib Bandung

Di sisi lain, performa tim tamu belum stabil. Tangan dingin Robert Alberts belum terasa. Memang secara permainan sudah terlihat perubahan. Namun, Maung Bandung masih sulit menang. Tim itu lebih banyak menelan hasil imbang. Termasuk saat harus berbagi angka 1-1 dengan juru kunci sementara Semen Padang (18/9).

Tentu tidak akan mudah bagi Maung Bandung untuk mencuri angka dari tuan rumah. Apalagi, ada celah pada lini belakang mereka. Ahmad Jufriyanto absen akibat akumulasi kartu. Untung, bek anyar Nick Kuipers yang sempat cedera pulih menjelang laga.

”Kondisi Nick sudah membaik. Cedera yang kemarin tidak terlalu parah. Hanya kaku di bagian hamstring-nya, tapi sudah tidak masalah,” ujar Robert Alberts.

Perkiraan Pemain
Persipura (4-3-3): 27-Dede Sulaiman (g); 21-Tinus Pae, 3-Andre Ribeiro, 4-Ricardo Salampessy 44-Yohanis Tjoe; 13-Ian Kabes, 11-Imanuel Wanggai, 8-Oh In-kyun; 46-Todd Ferre, 25-Titus Bonai, 86-Boaz Solossa (c)
Pelatih: Jacksen F. Tiago

Persib (4-2-3-1): 78-Made Wirawan (g); 22-Supardi Nasir (c), 19-Indra Mustafa, 2-Nick Kuipers, 3-Ardi Idrus; 11-Dedi Kusnandar, 91-Omid Nazari; 9-Esteban Vizcarra, 20-Kevin Van Kippersluis, 13-Febri Hariyadi; 10-Ezechiel N’Douassel
Pelatih: Robert Rene Alberts

Stadion: Gelora Delta, Sidoarjo
Live: Indosiar pukul 15.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads