alexametrics
Liga 1 2019

Ruben dan Dzhalilov Bisa Bermain Ketika Persebaya Menjamu Persija

23 Agustus 2019, 17:00:54 WIB

JawaPos.com – Stok pemain lini belakang Persebaya Surabaya kian tipis. Penyebabnya, Ruben Sanadi mendadak dipanggil timnas. Dia menggantikan Johan Alfarizi yang mengalami cedera tumit kiri. Artinya, ada tiga pemain belakang Persebaya yang masuk skuad timnas. Selain Ruben, ada Otavio Dutra dan Hansamu Yama. Bedanya, Dutra dan Hansamu dipastikan absen melawan Persija Jakarta. Sementara itu, Ruben masih bisa turun dalam laga besok sore di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Persebaya Surabaya

Meski dipanggil timnas, Ruben tetap berada di Surabaya. Dia masih ikut berlatih bersama skuad Green Force –julukan Persebaya– di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo (22/8). ’’Ruben baru akan menyusul bergabung ke timnas setelah laga melawan Persija,’’ kata karteker pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro. Ruben akan absen membela Persebaya saat away ke markas Bhayangkara FC (31/8).

Selain Ruben, Persebaya masih bisa menurunkan Manuchekhr Dzhalilov. Memang, pemain 28 tahun itu mendapat panggilan dari timnas Tajikistan. Tapi, sama dengan Ruben, Dzhalilov akan terbang ke Tajikistan setelah laga kontra Persija. Artinya, Bejo bisa sedikit bernapas lega. Sebab, selain Dzhalilov, ada Elisa Basna dan Oktafianus Fernando yang bisa diplot sebagai winger.

Meski begitu, Bejo tetap berharap ada tambahan amunisi. Di antaranya, menunggu kedatangan dua winger muda, M. Alwi Slamat dan M. Supriadi. Alwi masih membela tim kesatuannya di TNI. Sementara itu, Supriadi belum bergabung dengan skuad meski baru tuntas membela timnas U-19 di ajang AFF U-19. ’’Kalau nanti kembali, akan kami beri ruang. Saya yakin semua pemain pasti akan menunjukkan kemampuan terbaik,’’ tambah pelatih 42 tahun itu.

Kehilangan pemain pilar mau tak mau membuat Bejo bakal menurunkan pemain yang jarang menjadi pilihan utama. Hal itu cukup disesalkan gelandang Persebaya Rendi Irwan. Sebab, lawan yang dihadapi merupakan rival klasik, yakni Persija. Saat membutuhkan kemenangan, tim malah tampil pincang. Irfan Jaya, Dutra, dan Hansamu membela timnas.

Karena itu, Rendi berharap ke depan PSSI lebih bijak. Terutama soal jadwal bagi tim yang menyumbang banyak pemain ke timnas. ’’Mungkin bisa dipertimbangkan agar kami diberi jadwal lain supaya bisa tampil dengan skuad terbaik. Soalnya yang absen bukan hanya pemain yang ke timnas, tapi ada juga (pemain) yang akumulasi kartu,’’ kata pemain 32 tahun itu. Dalam laga kontra Persija, ada dua pemain yang diskors. Mereka adalah Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay.

Walau tanpa beberapa pemain pilar, Rendi meminta rekan-rekannya tetap maksimal. Dia juga yakin para pemain yang dipercaya turun akan menampilkan kemampuan maksimal. ’’Kami harus percaya dengan tim ini. Tapi, kami juga harus berhati-hati, tidak boleh jemawa. Sebab, Persija baru saja meraih kemenangan,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Macan Kemayoran menang 3-0 atas Kalteng Putra (20/8). Dalam laga ini, Bejo masih akan menjadi karteker pelatih. Sebab, pelatih baru Persebaya, yakni Alfred Riedl belum tiba di Indonesia karena masih mengurus administrasi di negaranya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali



Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads