alexametrics

Pasca TC di Batu, Stamina Pemain Deltras Sidoarjo Meningkat Pesat

23 Juni 2022, 17:46:02 WIB

JawaPos.com-Sesi pemusatan latihan (TC) Deltras Sidoarjo di Batu selesai. Skuad sudah kembali ke Sidoarjo. Hari ini, mereka kembali berlatih di Kota Udang.

Tim pelatih cukup senang dengan sesi TC. Selama 10 hari di Kota Batu, banyak pelajaran yang didapat. Salah satunya kekuatan fisik pemain yang dinilai meningkat pesat.

’’Selama di Batu, kami melatih kardio (jantung) pemain. Termasuk menguatkan kondisi paru-paru. Program itu cocok karena Batu ada di dataran tinggi,’’ kata pelatih Deltras Ibnu Grahan kepada Jawa Pos.

Selama di Batu, latihan tanpa bola terus digenjot. Pemain diminta joging cross country alias jarak jauh. ’’Termasuk joging dengan trek naik di pegunungan. Kami memang sengaja menggenjot fisik pemain,’’ jelas Ibnu.

Karena itu, setelah ini, tim pelatih akan melakukan tes VO2 max. ’’Tes akan dilakukan di Sidoarjo. Kami ingin melihat bagaimana perkembangan fisik pemain sepulang dari Batu,’’ ungkap Ibnu.

Meski begitu, Ibnu tidak hanya menggenjot latihan fisik. ’’Kami juga memberi materi latihan taktikal,’’ terang mantan pelatih PSG Pati itu.

Terbukti, The Lobster melakoni dua laga uji coba selama TC. Pertama adalah melawan tim lokal di Pujon, Kabupaten Malang. Hasilnya, Deltras menang 8-1. Di laga uji coba berikutnya, Rendi Irwan dkk menang 8-0 atas tim lokal dari Bumiaji, Kota Batu.

Ibnu melihat uji coba tersebut sebagai salah satu hal yang sangat penting. ’’Karena tujuan uji coba adalah bagaimana meningkatkan kemampuan individu pemain dalam organisasi permainan,’’ terang pelatih asli Surabaya itu.

Apalagi, Deltras musim ini dihuni banyak pemain baru. Karena itu, tim pelatih harus membuat semua elemen segera nyetel.

Sebenarnya dua kali uji coba itu belum cukup. ’’Rencana awal kami ingin melakukan tiga kali uji coba. Tapi, yang terakhir dibatalkan karena kami milih untuk melakukan outbound,’’ ungkap Ibnu.

Outbound tersebut dilakukan pada Selasa (21/6). Setelah itu, tim langsung bertolak ke Sidoarjo. Outbound sengaja dilakukan untuk membuat pikiran pemain lebih fresh. Sekaligus membangun chemistry antar pemain di luar lapangan.

Karena uji coba hanya dua kali, Ibnu merasa masih kurang. Sebelum kompetisi bergulir, dia berharap tim bisa melakukan uji coba tambahan.

’’Setidaknya ke depan kami harus melakukan dua atau tiga kali uji coba lagi. Tentunya kali ini uji coba harus dengan lawan yang sepadan agar kami tahu bagaimana kesiapan tim menjelang kompetisi nanti,’’ ucap pelatih yang tinggal di kawasan Rangkah, Surabaya, tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads