alexametrics
Liga 1 2019

Borneo FC vs Persebaya: Pantang Bikin Bonek Minder

23 Juni 2019, 09:15:38 WIB

JawaPos.com – Perasaan minder dan malu mungkin tengah menyelimuti pendukung Persebaya Surabaya, Bonek. Maklum, tim kesayangan mereka belum pernah sekali pun meraih kemenangan di Liga 1. Bahkan, sejak final Piala Presiden 2019, Persebaya belum pernah meraih kemenangan dalam enam laga terakhirnya di semua ajang.

Rentetan hasil yang sangat mengenaskan. Akan semakin mengenaskan jika malam nanti mereka kembali pulang dengan tangan hampa. Ya, malam nanti Ruben Sanadi dkk harus bentrok dengan Borneo FC di Stadion Segiri, Samarinda (tayangan langsung Indosiar pukul 18.30 WIB).

Ruben Sanadi dkk tentu tak ingin membuat fans mereka semakin malu dan minder. Karena itu, spirit dan motivasi untuk bangkit harus mereka lecut. Memang, Borneo bukan lawan yang mudah dikalahkan. Apalagi, catatan pertemuan Persebaya kontra Borneo kurang apik. Musim lalu Persebaya tidak pernah menang ketika bersua Borneo FC. Malah mereka dipermalukan 0-1 pada putaran kedua di Stadion Gelora Bung Tomo. Padahal, saat melawat ke markas Borneo, Persebaya bisa menahan imbang 2-2.

Namun, pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman optimistis tim asuhannya bisa mencuri poin di kandang tim berjuluk Pesut Etam itu. ’’Besok (malam nanti, Red) kami melakoni pertandingan penting. Kami coba perbaiki agar bisa meraih hasil yang bagus di kandang Borneo FC,’’ kata pelatih yang disapa Djanur itu.

’’Banyak yang bilang kandang Borneo ini cukup angker. Tetapi, kami akan berusaha maksimal untuk mendapat poin,’’ imbuh pelatih asal Majalengka tersebut.

Hal senada disampaikan kapten tim Persebaya Ruben Sanadi. Pemain berposisi bek kiri tersebut mengatakan, dirinya dan rekan-rekan sudah melupakan hasil kurang memuaskan pada laga sebelumnya. Ruben juga menjelaskan, kondisi mental pemain saat ini sudah membaik dan siap menantang Borneo FC.

’’Kami punya kekeluargaan yang baik. Kalah menang harus ditanggung bersama. Walaupun tim lawan berat, punya pelatih dan pemain bagus, kami harus bisa karena kami punya ciri khas dalam bermain sepak bola,’’ ucap pemain bernomor punggung 14 itu.

Borneo sudah pasti tak ingin menyerahkan poin kepada tim tamu. Pelatih Borneo FC Mario Gomez menginginkan Diego Michiels dkk tetap menjaga keangkeran Segiri. Eks pelatih Persib tersebut juga mengharapkan bisa meraih kemenangan sebagai obat kecewa setelah kalah 0-3 oleh Madura United di Pamekasan pada 28 Mei lalu.

’’Kami tahu Persebaya tim yang kuat. Mereka tim yang cukup bagus dan memiliki kecepatan. Jadi, kami harus berhati-hati. Besok (hari ini, 23 Juni, Red) wajib tiga poin,’’ ucap Gomez.

Sayang, Borneo harus kehilangan salah seorang pemain pilarnya, Jan Lammers. Padahal, Lammers selalu menjadi pilihan di jantung pertahanan. Lammers harus menepi lantaran cedera. Peran Lammers juga cukup vital. Dia selalu menjadi starter dalam tiga pertandingan Borneo. Bek asal Belanda itu mencatatkan lima intersep serta sepuluh sapuan. Persentase keberhasilan tekelnya juga mencapai 90 persen. Tetapi, Persebaya juga belum bisa menurunkan Otavio Dutra.

’’Lammers mungkin tidak bisa. Tetapi, masih ada opsi lain. Saya rasa Wildansyah bisa diandalkan,’’ ujar Gomez.

 

Perkiraan Pemain

Borneo FC (4-3-3): 1-Nadeo Argawinata (g); 24-Diego Michiels (c), 19-Javlon Guseynov, 32-Wildansyah, 7-Abdul Rachman; 6-Asri Abar, 10-Renan Silva, 33-Wahyudi Hamisi; 14-Ambrizal Umanailo, 9-Matias Conti, 28-Terens Puhiri

Pelatih: Mario Gomez

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar Saputra (g); 2-Novan Setya Sasongko, 29-M. Syaifuddin, 23-Hansamu Yama, 14-Ruben Sanadi (c); 96-M. Hidayat, 10-Damian Lizio, 6-Misbakus Solikin; 41-Irfan Jaya, 9-Amido Balde, 63-Manuchekhr Dzalilov

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Stadion: Segiri, Samarinda

Live: Indosiar pukul 18.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads