alexametrics

Subsidi PT LIB Belum Merata, Klub-klub Liga 2 Keluhkan Belum Cair

23 Mei 2020, 18:00:49 WIB

JawaPos.com — PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah membayar dana subsidi kepada tim-tim Liga 1 pada Selasa (19/5). Klub-klub Liga 2 juga diklaim telah menerima subsidi. Klaim bahwa seluruh klub Liga 1 dan 2 sudah menerima subsidi juga sempat disampaikan Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan.

Namun, klaim itu dibantah PS Hizbul Wathan (PSHW). Mereka mengaku belum mendapatkan haknya.

Hingga kemarin, tak ada sepeser pun dana yang masuk ke rekening klub. Hal tersebut diungkapkan Presiden PSHW Dhimam Abror. ”Sampai saat ini kami belum menerima. Barusan juga saya cek dengan direktur keuangan, tapi belum ada dana yang masuk,” ucap Abror.

Manajemen PSHW pun sejatinya tidak diam. Sebab, setiap hari Abror menyinggung masalah tersebut di grup WhatsApp. Namun, belum juga ada kemajuan.

”Kan kami ada grup WhatsApp, ya. Di situ juga ada Pak Ketum PSSI. Kami juga sampaikan kalau bisa segera dicairkan,” tutur pria yang juga mantan jurnalis itu.

PSHW tentu cemas. Sebab, banyak pemain yang menanyakan pembayaran gaji mereka. Apalagi, sudah mendekati waktu Lebaran. Otomatis banyak pemain yang membutuhkan tambahan uang.

”Anak-anak sudah mulai nagih (gaji, Red) juga ini. Kami kan memang masih ada tanggung jawab untuk membayarkan gaji 25 persen itu. Tetapi ya gimana, kondisinya seperti ini. Kami juga menunggu dana subsidi cair,” jelas Abror.

”Kami sudah berupaya. Persyaratan sudah kami kirimkan, seperti laporan keuangan. Ya, semoga saja segera dicairkan,” imbuh Abror.

Bagaimana tanggapan LIB? Direktur Operasional LIB Sudjarno menegaskan, pihaknya sudah membayar seluruh tunggakan subsidi klub Liga 1 dan Liga 2. Khususnya untuk termin kedua bagi klub Liga1. Karena itu, dia heran ketika PSHW mengaku belum menerima subsidi tersebut. ”Sudah saya cek barusan, 24 tim Liga 2 sudah menerima semua, termasuk Semeru FC (PSHW),” terang Sudjarno.

Dia meminta PSHW mengecek ulang. Secara detail dan benar. ”Coba cek lagi ke rekeningnya,” tuturnya. LIB, melalui Sudjarno, menegaskan sudah memenuhi seluruh hak kepada klub-klub.

Nah, terkait pernyataan PSHW yang mengatakan sudah menyampaikan langsung masalah belum diterimanya subsidi kepada Ketua PSSI Moch. Iriawan, sejauh ini PSSI enggan berkomentar. Salah satu exco, yakni Haruna Soemitro, menuturkan hal tersebut bersifat administratif yang tak bisa dijawabnya. ”Coba ke Plt Sekjen saja,” katanya.

Sayang, sampai berita ini ditulis, Plt Sekjen Yunus Nusi tidak menjawab. Jawa Pos juga mencoba bertanya kepada Iwan Bule, sapaan Moch. Iriawan. Namun, sepanjang hari kemarin, pesan singkat ataupun telepon tidak dijawab yang bersangkutan.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia/rid



Close Ads