JawaPos Radar

Liga 1 2018

Persib Bungkam PSM dengan Brace N'Douassel dan Cleansheet Ketiga

23/05/2018, 22:55 WIB | Editor: Agus Dwi W
persib bandung
Duet Bauman-N'Douassel kembali jadi sumber kemenangan Persib Bandung. (Achmad Nugraha/Bandung Ekspres)
Share this image

JawaPos.com - Gebrakan dilakukan tim tuan rumah Persib Bandung saat peluit kick off ditiup wasit. Namun, justru tim tamu PSM Makassar yang memiliki peluang hanya satu menit kemudian. Sebuah umpan terobosan sampai di kaki Rizky Pellu di sisi kiri pertahanan Persib. Beruntung tendangannya hanya melintas di depan gawang Muhammad Natshir.

Persib gantian mendapat peluang satu menit kemudian melalui sebuah set pieces usai Joni Bauman di langgar di dekat kotak penalti PSM. Umpan Oh In Kyun melambung melintasi kotak penalti PSM. Sayang, tak ada yang menyambut dengan baik umpan gelandang Korsel tersebut.

Peluang kembali didapat Persib melalui kaki Ezechiel N'Douassel di menit 11. Tendangan keras pemain asal Chad ini mampu ditepis Ricky Mokodompit, hanya menghasilkan tendangan sudut. N'Douassel kembali mendapat kesempatan saat bola tendangan sudut berhasil disundul, namun bola hanya melambung di atas mistar.

persib bandung vs psm makassar
Ezechiel N'Douassel kembali cetak Brace saat membela Persib Bandung. (liga-indonesia.id)

Ketidakcermatan Igbonefo dalam mengantisipasi bola sempat memberi ancaman bagi gawang Persib. Karena bola berhasil dikuasai Guy Junior dan kemudian menendangnya. Beruntung tendangan Guy Junior melambung di atas mistar gawang.

Permainan pressing yang diperagakan skuad Maung Bandung berjalan cukup efektif hingga separuh babak pertama berjalan. Hal ini terutama banyak dilakukan di lini tengah yang kerap berbuah dengan pencurian bola dari pemain PSM. Raihan 4 tendangan sudut hingga menit 30 menjadi bukti tekanan lebih banyak dilakukan tuan rumah.

PSM sendiri sangat fokus menyerang pertahanan Persib melalui sisi kanan dan kiri pertahanan lawan. Terutama dari sisi kiri yang kerap kosong karena ditinggal oleh Supardi Nasir yang kerap membantu Persib membangun serangan.

Menit 38, sebuah serangan yang berawal dari tendangan sudut berbuah penalti bagi Persib. Wiljam Pluim tertangkap basah melakukan handsball di kotak terlarang. N'Douassel sukses menjadi eksekutor penalti. Tendangan kerasnya mengecoh Rivky dan membuat Persib unggul sementara 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, N'Douassel sempat mendapat peluang melakukan tendangan. Namun, wasit menganggap ada pelanggaran lebih dulu yang dilakukannya kepada bek PSM Makassar. Babak pertama ditutup dengan keunggulan Persib 1-0.

Di awal babak kedua, pelatih Robert Rene Alberts langsung melakukan perubahan. Striker Bruce Djite dimasukkan untuk menambah daya gedor. Pemain berpaspor Australia ini diduetkan dengan Guy Junior di lini depan dengan sokongan Ferdinand Sinaga yang bermain lebih ke sektor sayap.

Hasilnya memang langsung terlihat. M Natshir harus dua kali menyelamatkan gawangnya dari serangan tim tamu. Serangan PSM ini sudah langsung terasa dalam 5 menit pertama babak kedua.

Persib pun bereaksi cepat. Mereka membalas dengan sejumlah serangan berbahaya. Salah satunya berbuah tendangan sudut pada menit 54. Umpan tendangan sudut Ghozali dilanjutkan dengan sebuah sundulan memantul oleh N'Douassel. Membuat Persib unggul 2-0.

Gol ini kontan meningkatkan tempo dan tensi pertandingan. PSM semakin berusaha mengejar ketinggalan gol mereka. Sementara Persib pun masih berusaha menambah besar keunggulan mereka.

Sebuah umpan terobosan Rasyid Bakri pada menit 65 mampu membuat Ferdinand Sinaga berhadapan langsung dengan Deden Natshir. Duel ini dimenangkan oleh Natshir yang mampu menyapu bola dengan baik dan menggagalkan kesempatan terbaik PSM di laga ini.

Meski cukup banyak ditekan di 10 menit terakhir pertandingan, Persib justru mampu menambah besar keunggulan mereka di menit 82. Berawal dari kontrol bola apik Ghozali, winger Persib itu melanjutkannya dengan mengirim umpan silang yang tak kalah apik.

Bola gagal diantisipasi dengan baik oleh Rivky dan bola liar berhasil direbut Joni Bauman. Dengan tendangan kaki kirinya, striker Agentina itu membuat Persib unggul lebih besar, 3-0.

Kondisi semakin sulit bagi PSM setelah Fauzan Jamal mendapat kartu kuning keduanya pada menit 87. Di sisi lain, keunggulan ini membuat pelatih Mario Gomez kepada pemain muda Persib, Agung Mulayadi untuk mendapatkan menit bermainnya.

Pertandingan pun berakhir bagi kemenangan Persib dengan tiga gol tanpa balas. Ini sekaligus menjadi catatan cleansheet ketiga Deden Natshir di Liga 1 2018. Sekaligus menambah koleksi gol Aliando N'Douassel menjadi 9 gol. Peringkat Persib sendiri kini langsung meroket ke posisi 6 klasemen sementara Liga 1 2018.


Persib Bandung 3-0 PSM Makassar
(N'Douassel 39'-p, 54', Bauman 82')

Susunan Pemain

Persib Bandung: M. Natshir, Supardi, B. Malisic, V. Igbonefo, Ardi Idrus (Tony Sucipto 90+3'), Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi (Eka 81'), Oh Inkyun, Ghozali S, Bauman (Agung Mulyadi 88'), N'Douassel
Pelatih: Roberto Carlos Mario Gomez

PSM Makassar: Rivky, Zulkifli, Paulle, Abdul Rahman, M. Fauzan
Rizky Pellu (R Bakri 59'), Pluim, Klok, Wasyiat (Djite 46'), Guy Junior, Ferdinand Sinaga (Saldi 84')
Pelatih: Robert Rene Alberts

Wasit: Agus Fauzan Arifin

(adw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up