alexametrics

Sekjen PSSI Beri Kabar Soal Rencana Naturalisasi Sandy Walsh

23 April 2019, 01:57:32 WIB

JawaPos.com – Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, memberi kabar soal rencana menaturalisasi Sandy Walsh. Menurutnya, semua orang berhak pindah kewarganegaraan andai benar-benar berminat.

Seperti diketahui, Sandy Walsh sudah setahun terakhir ini mengaku ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Bahkan, dia sudah menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap unggahan di Instagram pribadinya.

Terlebih, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, tertarik menggunakan jasa pemain yang kini punya paspor Belgia itu. Terkait hal itu, Tisha akhirnya turut buka suara.

“Ya, setiap orang yang memenuhi syarat pindah kewarganegaraan, ingin pindah kewarganegaraan jadi WNI, itu silakan karena ada prosesnya sendiri,” ungkap Tisha.

Tisha menambahkan, PSSI tak mau mencari pemain yang dibutuhkan Timnas dari naturalisasi. PSSI menyerahkan semuanya kepada McMenemy soal pemilihan pemain.

“Pastinya yang PSSI lakukan adalah ketika membutuhkan striker misalnya, gelandang misalnya, terus mencari pemain yang bisa menjadi WNI. Bukan seperti itu. Tapi, kalau pemain bersangkutan ingin jadi WNI dan setelah itu cocok bermain di Timnas, tidak masalah. Jadi prinsipnya itu, bukan sebaliknya,” imbuh Ratu Tisha.

Sandy yang kini memperkuat Zulte Waregem (Belgia) memang kerap mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia. Dia memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya yang berasal dari Jawa Timur. Dia sudah memperkuat Timnas Belanda pada level junior dari U-15 sampai U-20.

Lantaran belum pernah memperkuat timnas senior manapun, Sandy bisa memperkuat timnas senior Belanda, Belgia, Irlandia, Inggris, Swiss, dan Indonesia.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan