alexametrics

PSM Siapkan Dua Skema untuk Lawan Bhayangkara FC dan Home United

23 April 2019, 13:49:56 WIB

JawaPos.com – Pelatih PSM, Darije Kalezic, harus memutar otak saat timnya menantang Bhayangkara FC dan Home United pada ajang berbeda. Dua laga itu hanya jeda tiga hari. Kemungkinan besar, Kalezic akan menyiapkan dua skema. PSM akan dijamu Bhayangkara FC pada leg pertama babak 8 besar Piala Indonesia 2018-2019 di Stadion PTIK, Sabtu (27/4). Kemudian pada 30 April, menjamu Home United pada AFC Cup 2019 di Stadion Pakansari, Bogor. Tiga hari berselang, kembali melawan Bhayangkara FC di Stadion Andi Mattalatta.

Kendati demikian, Kalezic bakal tetap memasang komposisi terbaiknya. Apalagi dua turnamen ini masuk dalam target manajemen PSM. Wajib meraih gelar. Tidak ada lagi alasan mengorbankan satu turnamen demi fokus turnamen lainnya.

Kalezic pun telah menegaskan bahwa timnya harus betul-betul mempersiapkan diri. Apalagi persaingan di fase Grup H AFC Cup 2019 masih sangat ketat. Home United dan Kaya FC masih memiliki peluang menyalip.

Persaingan di babak 8 besar Piala Indonesia 2018-2019 juga tak kalah sengitnya. Kali ini menghadapi tim yang jauh lebih kuat dari tim yang pernah di hadapi di Piala Indonesia sebelumnya. Dia adalah jawara Liga 1 2017, Bhayangkara FC. “Kami harus menyiapkan tim dengan sangat detail. Kami tahu ada pekerjaan besar yang harus dilakukan sebelum memulai liga,” sebut Kalezic seperti dilansir Fajar (Jawa Pos Group).

Sementara itu, CEO PSM, Munafri Arifuddin, menegaskan PSM wajib memaksimalkan dua laga tersebut dengan kemenangan. Alasannya, hanya dengan kemenangan yang bisa membuka kans PSM lolos ke babak berikutnya.

“Kami sepakat, PSM tidak ada ketergantungan dengan satu orang. Bagaimana strategi bisa dimaksimalkan dengan baik. Lumrah sebuah pertandingan cukup dekat di dua turnamen sekaligus. Itulah alasannya kami memiliki pemain yang banyak dan kualitasnya setara,” paparnya.

Skuad inti diyakini akan tetap diprioritaskan pada turnamen AFC Cup 2019. Sementara leg pertama melawan Bhayangkara FC akan memainkan Abdul Rahman dan Eero Markkanen yang terkena hukuman akumulasi kartu di AFC Cup 2019 melawan Home United.

Namun, pada leg kedua 8 besar Piala Indonesia 2018-2019 melawan Bhayangkara FC di Stadion Andi Mattalatta, Kalezic diyakini bakal memainkan skuad terbaiknya. Hal itu juga sebagai laga terakhir sebagai persiapan menghadapi laga perdana Liga 1 2019 melawan PSS Sleman, Kamis (9/5).

“Saya melihat PSM punya kedalaman skuad yang bagus. Punya pemain dengan kualitas setara. Jadi, seharusnya tetap bisa meraih hasil positif pada dua turnamen berbeda,” yakin legenda PSM, Syamsuddin Umar.

Perkiraan Skema PSM Makassar
Vs Bhayangkara FC
Kiper: Hilman Syah
Bek: Reva Adi, Abdul Rahman, Hendra Wijaya, Zulkifli Syukur
Tengah: Saldi, M Arfan, Rasyid Bakri, Takwir, Bayu Gatra
Depan: Eero Markkanen

Vs Home United
Kiper: Rivky Mokodompit
Bek: Taufik Hidayat, Munhar, Aaron Evans, Beny Wahyudi
Tengah: M Rahmat, Marc Klok, Rizky Pellu, Zulham Zamrun
Depan: Ferdinand Sinaga/Guy Junior, Wiljan Pluim

Editor : Edy Pramana



Close Ads