alexametrics

Timnas U-23 Pilih Salat Jumat di Crowne Plaza Hotel Hanoi

23 Maret 2019, 00:11:34 WIB

JawaPos.com – Mencari masjid di Hanoi memang cukup sulit. Maklum, Islam adalah agama minoritas di Vietnam. Bayangkan saja, di Hanoi, hanya ada satu masjid. Yakni, masjid Al Noor yang terletak di kawasan kota tua.

Kebetulan, kemarin adalah hari Jumat. Waktunya menjalankan salat Jumat. Nah, Timnas U-23 menginap di Crowne Plaza Hotel, Hanoi. Jaraknya cukup jauh dari masjid Al Noor, yakni 14 kilometer. Jika ditempuh menggunakan bus, bisa memakan waktu 40 menit.

Untungnya, mereka tak perlu pusing menuju masjid. Sebab, mereka menggelar salat Jumat di hotel. “Kami tahu akan susah cari masjid di sini (Hanoi). Makanya, sebelum tiba, kami sudah berupaya ke manajemen hotel agar bisa menggelar Jumatan di sini (hotel). Alhamdulillah diberikan izin,” kata AKBP Sumardji, manajer timnas U-23 saat ditemui di Crowne Plaza Hotel, Hanoi.

Salat Jumat dilakukan di Son Tay Room. Letaknya di lantai dua hotel Crown Plaza Hotel, Hanoi. Ruangannya tak terlalu besar. Maklum, jamaah juga tidak terlalu banyak. Selain diikuti seluruh staf, pemain dan ofisial timnas, ada juga perwakilan dari KBRI di Hanoi. Termasuk juga awak media.

Adzan dikumandangkan tepat pukul 12.10 WIB. Setelah itu, khotbah dimulai. Tak ada ustad khusus yang didatangkan. Khotbah dilakukan oleh Lalu Armin Suhaidin. Dia adalah salah satu masseur timnas U-23.

“Kalau saya cukup jadi makmum saja lah,” kata Sumardji sembari terkekeh. Durasi khotbah juga tidak lama. Sepuluh menit berselang, salat Jumat sudah dimulai.

Jumlah shaf juga tidak banyak. Total hanya ada empat shaf yang terbentuk. Setiap shaf berisi sekitar 12 orang. Semua shaf penuh. Hanya di shaf terakhir yang isinya tak sampai separo. Beberapa pemain tampak khusyuk. Sebut saja Egy Maualana Vikri, Saddil Ramdani hingga Awan Setho.

Rachmat Irianto menjadi pemain yang keluar ruangan paling akhir. Dia yang paling lama berdoa. Dalam kesempatan itu, pemain yang akrab disapa Rian itu mengenakan setelan putih. Usia salat, dia hanya menyalami awak media. Dia memilih fokus untuk mempersiapkan laga kontra Thailand sore harinya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Bagus Putra Pamungkas

Copy Editor :

Timnas U-23 Pilih Salat Jumat di Crowne Plaza Hotel Hanoi