alexametrics

Lawan Tidak Sepadan, Performa Persebaya Kurang Teruji

Menang 6-0 atas Indonesia Muda dalam Uji Coba
23 Maret 2019, 11:00:39 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya terus mempersiapkan diri sebelum menjamu Tira Persikabo pada babak perempat final Piala Presiden 2019. Pada Jumat (22/3) sore tim berjuluk Green Force tersebut melakoni uji tanding kontra Indonesia Muda di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sayang uji coba tersebut belum memenuhi harapan pelatih Djadjang Nurdjaman.

Bukan berarti Green Force tampil jelek. Mereka sukses menumbangkan Indonesia Muda enam gol tanpa balas. Empat gol disumbangkan oleh Amido Balde, dua lainnya dari kaki Manuchekhr Dzalilov serta Irfan Jaya. Kualitas lawan yang tidak berimbang, membuat kemampuan Persebaya yang sebenarnya kurang teruji.

”Jadi tidak bisa disimpulkan kekurangan kami. Terutama di lini tengah dan belakang. Tadi yang kami lakukan hanya pressing atas,” kata pelatih asli Majalengka tersebut.

Sebelum melakoni uj coba, pelatih yang kerap disapa Djanur itu memang fokus membenahi lini pertahanan. Itu hasil dari evaluasi pada babak grup di Piala Presiden 2019 yang dirasa lini pertahana masih kurang oke. Selain itu Djanur juga sempat menggeber pressing dari Rendi Irwan dkk.

Namun bukan berarti Djanur tidak ada catatan bagi skuadnya pada laga uji tanding kemarin. Kali ini lini depan yang menjadi perhatian bapak empat anak tersebut. Meski menang besar. Djanur menilai finishing di lini depan masih kurang. Ya, terhitung sekitar 15 peluang emas terbuang sia-sia.

Hanya saja, meski uji tanding tidak sesuai dengan tujuan tim pelatih, Djanur menegaskan tidak akan menambah jadwal uji tanding lagi bagi anak asuhnya. ”Untuk menjajal lagi tim yang lebih kuat saya pikir nggak ada waktu,” kata mantan pelatih PSMS Medan serta Persib Bandung tersebut.

Di sisi lain pada uji tanding, winger Manuchekhr Dzalilov sedikit mengalami masalah pada kaki kanannya setelah berbenturan dengan salah satu pemain Indonesia Muda. Bahkan dia harus digantikan oleh Oktavianus Fernando pada awal babak kedua. Namun Djanur percaya cedera yang dialami Dzalilov tidak parah.

”Karena ada benturan, daripada cederanya tambah parah lebih baik kami istirahatkan. Tetapi saya pikir hanya sedikit masalah. Masih ada waktu satu minggu, saya rasa dia masih bisa turun saat lawan Tira Persikabo,” pungkas Djanur.

Editor : Edy Pramana

Reporter : nia

Copy Editor :

Lawan Tidak Sepadan, Performa Persebaya Kurang Teruji